Kaltim Ikuti Sukan Persahabatan BIMPNT EAGA

Meiliana dan Pengarah Belia dan Sukan Kementerian Kebudayaan Belia dan Sukan Negara Brunai Darussalam Haji Zafri Bin Haji Mohamed.

SAMARINDA – Kaltim dipastikan mengikuti perhelatan olahraga antarnegara berupa Sukan Persahabatan BIMPNT EAGA X Tahun 2018 di Brunai Darussalam pada Desember tahun ini. Keikutsertaan Benua Etam itu disampaikan Plh Gubernur Kaltim Dr Hj Meiliana saat menerima perwakilan Jeraywara Brunai Darussalam di VVIP Room Lamin Etam, Kamis (20/9).

Bahkan menurut dia, Kaltim tidak semata mengirimkan perwakilan untuk ajang olahraga semata tetapi diikuti perwakilan budaya untuk menampilkan pesona kebudayaan daerah. “Jadi kita tidak hanya mengirim atlet untuk mengikuti ajang lomba. Tetapi perwakilan kebudayaan untuk tampil di sana,” katanya.

Meiliana berharap ajang sukan persahabatan itu bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi dan terjalin hubungan kerja sama antar negara yang lebih baik. Misalnya, kerjasama untuk pendidikan seperti pertukaran pelajar dan mahasiswa, pertukaran informasi potensi budaya dan pariwisata maupun kerjasama bidang lainnya. “Pokoknya pertemuan antarnegara di Brunai ini kita manfaatkan untuk menjalin kerja sama dan memromosikan potensi kebudayaan serta wisata,” ungkapnya.

Sementara itu Pengarah Belia dan Sukan Kementerian Kebudayaan Belia dan Sukan Negara Brunai Darussalam Haji Zafri Bin Haji Mohamed mengemukakan Sukan Persahabatan BIMPNT EAGA untuk peserta berusia maksimal 21 tahun. “Ajang sukan ini akan digelar selama tiga hari (7 - 9 Desember) mempertandingkan delapan cabang olahraga (cabor) dan dua VIP,” ujarnya.

Delapan cabor terdiri akuatik, boling padang, karate, atletik, pencak silat, sepak takraw, taekwondo, wushu serta dua cabor VIP yakni golf dan bulu tangkis. Terdapat lima negara yang berpartisipasi di ajang Sukan Persahabatan BIMPNT EAGA yakni Brunai Darussalam (tuan rumah), Malaysia (Negeri Sabah dan Sarawak serta Wilayah Persekutuan Labuan).

Indonesia (Kaltim, Sulawesi Tengah, Kaltara, Papua dan Sulawesi Selatan), Philipina dan Australia terdiri Darwin dan Northern Territory. Hadir Plh Ketua Umum KONI Kaltim H Rusdiansyah Aras dan Pengerusi Sukan Persahabatan BIMPNT EAGA Haji Abdul Karim Bin Haji Ahmadyaardy serta jajaran pengurus KONI Kaltim. (yans/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation