Kaltim Juara Duta Wisata Indonesia 2018

Duta Wisata Kaltim menerima penghargaan dan tropi juara dari Sekda Provinsi Kalteng. (Fahrizal Fitri.disparkaltim)

PALANGKARAYA - Duta Wisata Kaltim diwakili Uci Zahra Fani dan Muhammad Shiddiq Ar Rozaq La Side asal Kutai Timur tampil sebagai yang terbaik pada Duta Wisata Indonesia 2018. Selain mengharumkan nama daerah, keberhasilan Uci dan Muhammad Siddiq membuktikan bahwa putra-putri Kaltim mampu bersaing dan meraih prestasi terbaik di tingkat nasional.

Pembuktian tersebut tertuntaskan pada Pemilihan Duta Wisata Indonesia ke-13 yang digelar oleh Yayasan Duta Wisata Indonesia bekerja sama dengan Pesona Indonesia, 20-25 Nopember 2018 di Swiss-Belhotel Danum, Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng).

Asisten Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim yang juga Plt Kepala Dinas Pariwisata Kaltim H Ichwansyah mengatakan Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi atas usaha dan kerja keras Uci dan Muhammad Siddiq hingga mampu menjadi yang terbaik di Indonesia.

"Capaian prestasi yang sangat di luar dugaan. Alhamdulillah Kaltim mampu juara. Ini sangat luar biasa. Semoga putra-putri Kaltim bisa mempertahankan prestasi ini," kata Ichwansyah di Samarinda, Minggu (25/11/2018).

Ichwansyah mengungkapkan dari 13 kali keikutsertaan Kaltim pada pergelaran Duta Wisata Indonesia, baru kali ini Kaltim meraih juara. Sebelumnya, Kaltim hanya mampu meraih peringkat kedua, Top Lima Besar, dan Top Delapan Besar.

Karena itu, Pemprov Kaltim sangat bersyukur. Semoga, melalui prestasi tersebut, Duta Wisata Indonesia asal Kaltim mampu mempromosikan lebih baik lagi potensi yang dimiliki daerah ini, sehingga tingkat kunjungan wisatawan di Kaltim semakin meningkat.

"Prestasi itu hanya sementara, tetapi implementasinya adalah bagaimana Duta Wisata bisa mempromosikan daerahnya, bahkan potensi wisata Indonesia di tingkat internasional. Dengan begitu pertumbuhan ekonomi rakyat melalui sektor pariwisata semakin meningkat, khususnya di Kaltim," jelasnya.

Duta Wisata Kaltim berhasil mengalahkan 14 provinsi lainnya yang turut serta menjadi peserta Duta Wisata Indonesia 2018. Pada Top Lima Besar, Kaltim bersaing dengan Kalteng, Aceh, Bangka Belitung dan Jawa Timur. Sedangkan peringkat kedua diraih Jawa Timur dan ketiga diraih Bangka Belitung. (jay/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait