Kaltim Kaltara Perlu 56 Fasilitator Teknik

SAMARINDA - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Effendi mengatakan bahwa Kaltim dan Kaltara membutuhkan 56 tenaga fasilitator teknik, guna memenuhi kebutuhan tenaga fasilitator sebanyak 116 orang.
Upaya ini dilakukan untuk memenuhi tenaga fasilitator teknik dengan tujuan mendukung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Kaltim.
“Kerjasama dengan PT (Perguruan Tinggi) untuk merekrut tenaga fasilitator teknik PNPM-MP sudah kami lakukan, baik Unmul dan Politeknik Negeri Samarinda. Tetapi, hingga saat ini kami masih kekurang tenaga tersebut. Karena itu, kami berharap putra daerah dari Kaltim dapat mendaftarkan diri untuk menjadi tenaga fasilitator teknik yang akan ditempatkan di masing-masing kecamatan,” kata Kepala BPM-PD Kaltim Jauhar Efendi didampingi Kepala Bidang Ketahanan dan Sosial Budaya Masyarakat BPM-PD Kaltim Musa Ibrahim, di Kantor BPM-PD Kaltim, Rabu (25/9).
Fasilitator teknik yang kurang lebih banyak di daerah Berau dan Kutai Barat, yakni mencapai 9 hingga 15 orang. Menurut dia, tenaga fasilitator teknik merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan PNPM-MP. Sebab, fasilitator merupakan orang-orang yang sudah terbukti handal di dalam pendampingan masyarakat.
Perlu diketahui bahwa tunjangan menjadi fasilitator teknik yang akan di terima cukup besar, karena besaran tersebut disesuaikan dengan akses transportasi dan jauh lokasi kecamatan.
“Rata-rata fasilitator teknik PNPM-MP bisa memperoleh penghasilan mencapai Rp4 juta, bahkan bisa mencapai Rp5 juta per bulan yang dibebankan melalui APBN, dengan kontrak selama satu tahun. Jika selama satu tahun mereka dinilai bekerja dengan baik, maka akan diperpanjang di tahun berikutnya,” jelas Jauhar.
Guna mendukung program tersebut diharapkan, Pemerintah Kabupaten se Kaltim dan Kaltara dapat membantu Pemprov Kaltim untuk mensosialisasikan penerimaan tanaga tersebut.
Bagi yang berminat dapat menyampaikan lamaran ditujukan kepada Kepala BPM-PD Kaltim di Kantor BPM-PD Kaltim Jalan Kadri Oening Samarinda.(jay/hmsprov)

//Foto: Moh Jauhar Efendi
 

Berita Terkait
Government Public Relation