Kalimantan Timur
Kaltim Kembali Raih Harmony Award

Foto:seno/humaskaltim

SAMARINDA - Kembali Provinsi Kalimantan Timur meraih penghargaan Harmony Award Tahun 2021 dari Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Penghargaan pemerintah pusat ini sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota) bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

"Tidak hanya FKUB dan pemerintah daerah, tapi saya ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kaltim atas penghargaan ini," kata Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat menerima jajaran FKUB Kaltim di ruang kerja Wagub Kaltim, Senin (11/1/2021). 

Menurut mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini, penghargaan Harmony Award yang diraih Kaltim patut disyukuri dan dipertahankan oleh seluruh masyarakat Kaltim. 

Walaupun diakuinya, keharmonisan masyarakat juga antarumat beragama di Benua Etam sudah tercipta sejak zaman kerajaan di Kalimantan Timur. 

"Bagaimana Kerajaan Kutai sejak lama terjalin hubungan baik dengan Kerajaan Jawa (Kesultanan Yogyakarta). Juga, warga dari Sukawesi Selatan diberi hak wilayah di Samarinda Seberang," jelasnya.

Dan bagi Wagub, masih banyak bukti-bukti sejarah lain hingga saat ini yang menyatakan keharmonisan warga Kaltim dengan para warga pendatang dari berbagai wilayah di Indonesia. 

"Secara kesukuan kita di sini, juga seni, budaya dan agamanya sudah menggambarkan Kaltim sebagai miniatur Indonesia," ungkap Hadi. 

Terpenting lagi, ujarnya, Kaltim hingga saat ini tidak pernah terjadi konflik besar antarsuku maupun agama. 

"Kalau riak-riak kecil pasti ada. Namun, bagaimana semua pemangku kepentingan melibatkan seluruh tokoh agama dan masyarakat dalam mendamaikannya," ucap Hadi. 

Selain itu, melibatkan semua pihak terlebih masyarakat yang menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Penghargaan bukan tujuan akhir, tapi bukti kerja keras kita bersama dan bagaimana bisa mempertahankan kedamaian daerah ini seterusnya," harap Hadi. 

Tropi Harmony Award diserahkan Ketua FKUB Kaltim H Asmunie Ali kepada Wagub Hadi Mulyadi didampingi pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim. (yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait