Kaltim Kirim Pramuka Saka Taruna Bumi ke Padang

SAMARINDA – Kaltim mengirimkan kontingen Satuan Karya (Saka) Taruna Bumi ke Perkemahan Bakti Saka Taruna Bumi ke-V Tingkat Nasional di Kota Padang Sumatera Barat yang berlangsung 24-30 Juni. Saka Truna Bumi adalah kegiatan dalam Kepramukaan Indonesia yang membidangi pertanian.  
Pelepasan kontingen yang terdiri dari 23 peserta dan delapan  pendamping dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Sekolah Pertanian Pembangunan (SMK-SPP) Samarinda, Sabtu malam (21/6) oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Pramuka Kaltim, Kaspariyanto didampingi Ketua Majelis Pembina (Kamabi) Saka Taruna Bumi, H. Ibrahim.
“Keikutsertaan Kaltim dalam Perkemahan Bakti Saka Bumi di Padang ini sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan Pramuka di lingkungan pelajar dan turut mempromosikan program-program pembangunan Kaltim Hijau,” ujarnya.
Dijelaskan, keikutsertaan Saka Taruna Bumi ke perkemahan nasional ini selain mengikuti lomba keterampilan dan kecakapanakan, juga akan mengikuti pameran dengan menampilkan sejumlah produk hasil pertanian tamanan pangan.
Produk olahan hasil-hasil pertanian yang ditampilkan berasal  dari kebun percontohan SMK-SPP Samarinda berupa olahan minuman bunga rosella, olahan nata de aloe atau lidah buaya, olahan pangan dari pisang dan singkong serta berbagai olahan produk pertanian dalam bentuk serbuk (instant).
Kepada peserta, diharapkan menjaga nama baik Kaltim. Walau dinilai sebagai provinsi kaya, diharapkan para peserta dapat memberi pemahaman kepada peserta dari provinsi lainnya bahwa Kaltim menjadikan sektor pertanian sebagai andalan di masa mendatang.
Perkemahan Bakti Saka Taruna Bumi dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Pada 2008 dilaksanakan di Cibubur dan pada tahun ini dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat. Sedangkan untuk Perkemahan Bakti Saka Taruna Bumi ke-VI yang belum ditentukan tempat pelaksanaannya.
“Kaltim siap untuk menjadi tuan rumah pada Perkemahan Bakti Saka Taruna Bumi 2018, jika Kaltim diminta atau ditunjuk oleh provinsi lain,” ujar Ibrahim.(yul/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation