Kaltim Kirim Tenaga Berkualitas

Kaltim Kirim Tenaga Berkualitas


SAMARINDA- Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menegaskan, Kaltim tidak  mengirimkan  tenaga kerja ke luar negeri untuk kegiatan sektor informal seperti menjadi pembantu rumah tangga (PRT) hanya mengirim TKI yang memiliki keterampilan menengah ke atas untuk kegiatan sektor formal.

"Tenaga kerja yang dikirim yang berkualitas dengan memiliki kemampuan tertentu misalnya perawat ,bidan atau perhotelan. Dengan  Negara tujuan bisa Brunei Darussalam yang banyak membutuhkan tenaga perawat dan bidan  asalkan kebutuhan tenaga tersebut di Kaltim sudah terpenuhi.," kata Gubernur Awang  Faroek Ishak baru-baru ini di Balikpapan.

Kalau mengirim tenaga kerja yang memiliki kemampuan khusus tentunya penghasilan mereka sangat menjanjikan, dibanding bekerja sebagai PRT nasibnya terkadang justru tidak semudah dibayangkan banyak berita dimedia PRT disiksa majikan.

"Saat ini Kaltim sudah banyak sekolah kejuruan dan Balai Latihan Kerja (BLk) yang bisa menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang andal dan  memiliki kemampuan tertentu  untuk bersaing dipasar kerja.

Dijelaskan gubernur,  keberadaan BLK  memang disiapkan  untuk menciptakan tenaga terampil dan siap kerja dengan terdidik dan terampil.

"Diharapkan dengan mengikuti pelatihan di BLK para lulusan SMK akan memiliki keterampilan tambahan, sehingga meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang andal yang mampu bersaing dipasar kerja," ujarnya.(sar/hmsprov).

Berita Terkait