Kaltim Konsisten Tingkatkan Mutu Pendidikan SMK

SAMARINDA-Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Peningkatan mutu ditujukan untuk para pendidik dan peserta didiknya.Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim H Musyahrim mengatakan, hal ini dilakukan untuk menciptakan pengusaha muda yang berkualitas dan telah memiliki keahlian ketika lulus dari sekolahnya.

Dengan perhatian ini diharapkan ada lebih banyak generasi muda handal di bidangnya masing-masing,” kata Musyahrim di dampingi Kepala Bidang Pendidikan SMK dan Perguruan Tinggi Basmen Nainggolan di Kantor Disdik Kaltim, Selasa (5/2).

Menurut dia, komitmen Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan SMK sesuai arahan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, agar pendidikan Kaltim Cerdas Merata Prestasi Gemilang (Cemerlang) dapat diwujudkan.

Mewujudkan hal itu, lanjut dia, Pemprov melalui Disdik Kaltim,  tahun ini  akan membantu peralatan standar kompetensi bagi masing-masing SMK di Kaltim. Bahkan, Pemprov akan membantu masing-masing SMK untuk menambah Ruang Kelas Baru (RKB) sesuai kebutuhan sekolah. 

“Program tersebut sesuai dengan harapan pemerintah pusat untuk melaksanakan pendidikan menengah universal. Artinya, seluruh Pemprov diwajibkan melaksanakan program Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun. Tetapi, hal itu sudah dilaksanakan Pemprov Kaltim ketika awal kepemimpinan Bapak Gubernur Awang Faroek hingga sekarang dan itu terus dilanjutkan,” jelasnya.

Selain itu, guna mendukung pendidikan yang berkualitas di jenjang SMK, Pemprov Kaltim diawal kepemimpinan Gubernur Awang Faroek juga telah memberikan beasiswa bagi pelajar di daerah, khususnya SMK.  Selain itu, melalui Kementerian Pendidikan Nasional juga telah diberikan beasiswa khusus kejuruan yang setiap tahunnya. 

“Beasiswa ini diutamakan untuk pelajar yang tidak mampu. Mudah-mudahan cara ini mampu mendukung Pemprov Kaltim menyukseskan penyelenggaraan pendidikan di daerah dan mewujudkan lulusan yang berkualitas” jelasnya.Untuk diketahui, jumlah SMK di Kaltim mencapai 215 unit dengan jumlah siswa sekitar  72.279 orang. (jay/hmsprov)

Berita Terkait