Kalimantan Timur
Kaltim Marathon Dunia 2019 Siap Digelar

Pj Sekprov Kaltim Meiliana pimpin rapat persiapan Kaltim Marathon Dunia 2019. (YUVITA/HUMASPROV)

SAMARINDA - Dalam rangka memperingati HUT ke-62 Provinsi Kaltim, Pemprov Kaltim siap menggelar Kaltim Marathon Dunia 2019. Even ini merupakan kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan Pemkot Samarinda. Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana mengatakan dengan pengoperasian Bandara APT Pranoto, diharapkan peserta dari luar negeri akan lebih mudah mengikuti even tersebut.

"Kita harapkan persiapan even ini terus dilakukan. Melalui event ini kami yakin akan memberikan kontribusi besar ke daerah. Karena, peserta dari luar negeri maupun dalam negeri akan lebih mengenal ibukota Provinsi Kaltim. Mereka tentu akan memromosikan apa yang menjadi keunggulan daerah ini," kata Meiliana didampingi Kadispora Kaltim Syirajudin ketika memimpin rapat koordinasi persiapan Kaltim Marathon Dunia 2019 di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (22/5).

Kaltim Marathon Dunia ini direncanakan pada April 2019. Dengan target peserta hingga 6.000 pelari, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Rute yang akan dilalui dimulai dari Stadion Madya Sempaja hingga Samarinda Seberang. Karena itu, untuk kesiapan tersebut, diharapkan seluruh pihak dapat terus berkoordinasi, sehingga ketika pelaksanaan dapat berjalan lancar. Mulai dari arus lalu lintas hingga lintasan yang dilalui para pelari tidak bermasalah atau jalannya mulus.

Mengenai jalur lintasan, Meliana meminta agar Dinas Pekerjaan Umum mengerjakan jaminan pelapisan jalan sepanjang lintasan lari yang telah disertifikasi secara internasional paling lambat 3 minggu sebelum pelaksanaan.

Sementara Kadispora Kaltim Syirajudin mengatakan, nomor lomba yang dilombakan, yaitu 42,195 Km (full marathon), 21 Km (half marathon), 10 Km dan 5 Km. "Kita harapkan kegiatan ini bisa diketahui seluruh rakyat Indonesia, terutama atlet marathon dari dalam negeri maupun luar negeri. Karena itu, diharapkan semua pihak, terutama OPD di lingkungan Pemprov Kaltim bisa memromosikan Kaltim Marathon ini," jelasnya.(jay/sul/humasprov)

Berita Terkait