Kaltim Minta SKK Migas dan KKKS Migas Terus Bangun Komunikasi

SAMARINDA – Pemprov Kaltim, melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltim Muhammad Sa’bani, minta kepada jajaran SKK Migas dan KKKS yang melakukan kegiatan usaha di daerah ini, terus menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah, agar jika ada masalah bisa diselesaikan dengan baik.

Hal itu disampaikan Sa’bani saat menerima jajaran perusahaan yang tergabung dalam Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengeksplorasi, eksploitasi minyak dan gas bumi di Indonesia yang dipimpin  Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) wilayah Kalimantan dan Sulawesi (Kal-sul) Nasvar Nazar, di Samarinda, Selasa (23/2).

Dia mengatakan  era keterbukaan dan transparansi pembangunan yang sedang berlangsung saat ini,  komunikasi dan koordinasi perlu terus dilakukan untuk menjalin kebersamaan, sehingga pada saat ada masalah di lapangan bisa diatasi bersama.

"Silaturahmi ini,  pertama kali terjadi. Saya mengharapkan kedepan SKK Migas semakin terbuka. Begitu juga dengan kawan-kawan dari KKKS. Dengan komunikasi terbuka dan lebih baik lagi, tentunya semua permasalahan bisa segera teratasi," katanya.

Komunikasi seperti ini, harus dilakukan lebih intensif, sehingga berbagai masalah yang timbul,  bisa cari jalan keluar terbaik dan sesuai dengan harapan bersama. Dengan demikian pihak perusahaan tetap bisa menjalan usaha dengan lancar.

Sa’bani menyebut, dari sejumlah perusahaan KKKS salah satunya yakni Vico Indonesia. Sabani mengingatkan agar Vico Indonesia segera melakukan komunikasi dengan Pemkab Kukar terkait pipa gas dan sumur yang berada di Bendungan Marang Kayu, Kukar. pipa dan sumur itu menjadi kendala proyek strategis nasional.

"Terdapat sejumlah proyek strategis nasional diantaranya kilang minyak Bontang, Kawasan Ekonomi Khusus dan Bendungan Marang Kayu serta proyek strategis lain di Kaltim. Buat Vico ini salah satunya ada Bendungan Marang Kayu yang jadi kendala karena ada pipa dan sumur,” ujarnya.

 Dia minta terus dikomunikasikan, sehingga dapat saling bekerjasama, yakni bagaimana sumurnya tetap berproduksi dan bendungan bisa menghasilkan air untuk keperluan irigasi dan bahan baku air bersih.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kal-Sul, Nasvar Nazar mengatakan kunjungan ini untuk meningkatkan tali silahturahmi dengan jajaran Pemprov Kaltim.

"Kami menyadari bahwa sebagai pelaksana SKK Migas dan terutama KKKS yang berada di Kaltim masih kurang melakukan komunikasi dengan jajaran Pemprov Kaltim. Tapi, kami ucapkan terima kasih telah menerima kami. Kami juga berharap, kedepan komunikasi ini terus berjalan baik," katanya.

Dalam kunjungan itu, Jajaran perusahaan KKKS yang hadir diantaranya dari perusahaan Vico Indonesia, Total E&P, Chevron, Pertamina dan Eni Muara Bakau serta sejumlah perusahaan KKKS lainnya. Satu persatu, jajaran perusahaan KKKS memaparkan terkait kegiatan atau program yang dilakukan atau yang akan dilakukan.(rus/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation