Kaltim Optimis Akhir 2013 Hercules Mendarat di Perbatasan

SAMARINDA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim HM Zairin Zain mengatakabn, pembangunan tiga Bandara di Perbatasan yakni  Bandara Long Bawan, Nunukan, Long Ampung, Malinau dan Datah Dawai di Long Lunuk, Kutai Barat yang dikerjakan  bekerjasama  TNI AD  terus dilakukan hingga tuntas   pada Desember  2013.

"Akhir tahun ini tiga Bandara perbatasan  optimis  tuntas dan  sudah mampu didarati pesawat Hercules atau  jenis Avions De Trasnport Regional (ATR)," kata Zairin Zain ketika  ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/1).

Dijelaskan, bangunan tiga Bandara di daerah perbatasan Kaltim dilaksanakan melalui program kerjasama Pemprov - TNI AD dengan Operasi Bhakti Kartika Jaya. Ketiga landasan pacu atau run way yang diperpanjang dari 900 meter  menjadi 1.600 meter.

 “Bahkan Juni ini Bandara Long Bawan pengerjaannya dipercepat,  sebelum Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo memasuki masa pension yang akan berniat meresmikan pekerjaan itu,” jelasnya.

Dia menjelaskan pengerjaan Bandara Long Bawan dilakukan penambahan landasan pacu sepanjang  700 meter  dari yang ada sebelumnya 900 meter sehingga menjadi 1.600 meter. Sedangkan di Long Ampung perkembangannya sudah berhasil meruntuhkan gunung  batu sehingga lebih cepat  pengerjaan landasan pacu karena tidak memerlukan proses pengerasan.

“Sedangkan perkembangan pembangunan Bandara Datah Dawai terkendala mendatangkan alat berat,  mengingat medan yang  sangat berat, namun sekarang alat yang diperlukan sudah siap sehingga pengerjaan bisa dilanjutkan  oleh personil TNI yang memiliki kemampuan tangguh untuk membangun di daerah terpencil,” ungkapnya.

Nantinya, pada pendaratan akan dilakukan uji coba dulu dengan pesawat tidak berpenumpang maupun barang,  selanjutnya setelah  dinyatakan aman, barulah dilakukan pendararatan secara regular.

Dengan masuknya sejumlah peswat berbadan lebar ini, diharapkan  memperlancar  tarnsportasi orang  dan distribusi kebutuhan bahan pokok  yang sekaligus dapat menekan harga barang di perbatasan serta mengurangi keterisoliran dari dunia luar.(sar/hmsprov).

Foto : HM Zairin Zain

Berita Terkait