Kaltim Patut Dicontoh

Rakor Stakeholder Pengawas Pemilukada

SAMARINDA- Kaltim dinilai berhasil dan patut menjadi contoh dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) selama lima tahun terakhir ini. Hal itu dikarenakan penyelenggaraan Pemilukada di Kaltim tidak banyak berakhir di Majelis Konstitusi (MK), tetapi berakhir di pesta demokrasi tersebut di daerah.
“Memang selama penyelenggaraan Pemilukada di Kaltim tidak ada permasalahan yang berakhir di MK. Meski ada gesekan-gesekan politik, namun semua berjalan lancar dan tertib,” kata Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Kaltim H Rusmadi diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Umum Pemprov Kaltim Aji Sayid Fathur Rahman usai Rapat Koordinasi Stakeholders Pengawasan Pemilukada Kaltim di Samarinda, Kamis (29/8).
Dari pelaksanaan Pemilukada yang telah digelar di berbagai daerah, mulai dari Samarinda, Balikpapan hingga Panajam Paser Utara (PPU) berlangsung aman dan tertib, bahkan tidak berakhir di MK, karena tidak ada tuntutan dari pihak pasangan lain.
Menurut dia, terutama dalam Pemilu Kada Gubernur dan Wakil Gubernur saat ini diharapkan masyarakat dan Pengawas Pemilukada dapat secara netral dalam menyukseskan penyelengaraan, sehingga pemilu yang aman, tertib dan lancar dapat dirasakan semua warga Kaltim.
“Mudah-mudahan ini dapat diketahui semua warga Kaltim,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Pengawas Pemilu RI Dr Muhammad S.IP., M.Si memberikan apresiasi yang tinggi terhadap rakyat Kaltim. Karena daerah ini mampu memberi teladan yang baik dalam penyelenggaraan Pemilu Kada selama lima tahun terakhir.
“Semua itu, karena tidak ada pemilu kada di Kaltim yang harus berakhir dituntutan MK. Jadi, Kaltim patut menjadi contoh bagi provinsi lain,” jelasnya.(jay/hmsprov)

//Foto: PESTA DEMOKRASI. Asisten Bidang Pemerintahan Umum Pemprov Kaltim Aji Sayid Fathur Rahman (ketiga dari kanan) bersama Ketua Bawaslu Muhammad (keempat) dan Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar (kelima) serta para stakeholders lainnya bersama mengangkat tangan untuk sukses pesta demokrasi Pilgub Kaltim.(jaya/humasprov kaltim),


 

Berita Terkait
Government Public Relation