Kaltim Peduli, Bantuan Mulai Dikirim ke Palu

Truk dan tug boat yang membawa logistik bantuan ke Palu, Sulteng. (ist)

SAMARINDA - Kemarin, Selasa (2/10) Tim Kaltim Peduli Bencana Palu berangkat menuju Palu. Mereka berangkat menggunakan tug boat dari Pelabuhan Semayang Balikpapan siang kemarin membawa bantuan logistik untuk didistribusikan kepada korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Mamuju.

Plt Kepala Biro Humas Setprov Kaltim Hj Riawati mengatakan bantuan yang akan dikirim merupakan dukungan dari berbagai pihak, termasuk obat-obatan dari Dinas Kesehatan Kaltim yang kini sudah berada di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

Kemudian, bantuan yang siap dikirim, berupa satu unit truk fuso,  delapan unit truk, dua unit mobil box dan lima unit mobil pick up. "Untuk diketahui, kapal yang sama juga akan digunakan sebagai posko untuk tim medis memberikan pelayanan di Palu. Kapal tersebut menjadi posko tim medis dan rencana bersandar pada 7 hingga10 hari  di Palu," kata Riawati di Samarinda, Selasa hari ini.

Bantuan yang akan dikirim untuk korban gempa dan tsunami,  berupa makanan/minuman sebanyak 30,3 ton, pakaian dewasa, selimut, terpal sebanyak 13,5 ton, pakaian anak dan bayi sebanyak 6,5 ton, air mineral tiga ton,  bahan obat-obatan 100 koli. 

KAPAL_BANTUAN_GEMPA_3

Selain itu, sejumlah atlet Kaltim yang dikabarkan berada di Palu sedang diupayakan untuk dapat segera kembali ke Bumi Etam Kaltim. Kepulangan atlet tersebut dibagi tiga gelombang, dimulai dari 30 September 2018 dari Makassar-Balikpapan, kemudian gelombang kedua (berangkat pagi) dan ketiga (berangkat siang) pada 2 Oktober 2018 dari Palu menuju Balikpapan.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atlet asal Kaltim dari Palu sudah bisa kembali ke Bumi Etam," ucap Riawati. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation