Kaltim Penyelenggara JPI Terbaik

SAMARINDA - Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2013 yang telah berakhir dengan berbagai aktivitas kepemudaan merupakan bekal yang sangat berguna dalam meningkatkan inovasi dan kreatifitas pemuda Indonesia yang penuh tantangan.
Demikian dikatakan Asisten III Sekprov Kaltim bidang Kesra H Bere Ali mewakili Gubernur Kaltim, pada penutupan JPI 2013 di Komplek Stadion Utama Palaran Kaltim, Jumat malam (1/11).   .
"JPI digelar berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 yang kita laksanakan 28 Oktober lalu. Semoga kegiatan ini mampu  membangkitkan semangat juang dan kebangkitan Pemuda Indonesia menuju kejayaan di pentas global pada abad 21," ujarnya.
Ditegaskan, Pemuda Indonesia harus terus tumbuh berkembang mengisi hari ini dan membangun masa depan bangsa dengan kesantunan, berkarya, berkreativitas, berprestasi serta bersemangat untuk kemajuan dan kebersamaan.
"Prestasi yang dicapai  peserta dalam berbagai kegiatan pada JPI ini, saya  juga tidak lupa mengucapkan selamat. Teruslah berlatih dan meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi," katanya.
Melalui JPI ini lanjut Bere,  para peserta se-Tanah Air, para pemuda ASEAN dari Philipina, Singapura dan Vietnam serta  India  dapat saling kenal dan berkomunikasi, sehingga berdampak pada pendidikan karakter, solidaritas dan rasa nasionalisme  Pemuda Indonesia.
"Pemprov Kaltim memandang pelaksanaan JPI ini, sebagai aktivitas yang sangat penting. Sehingga JPI ini perlu terus kita dukung. Mari kita ciptakan peluang, kesempatan dan ruang yang cukup untuk pembinaan kepemudaan dan kelak  akan memetik hasil untuk kejayaan bangsa dan negara," ujarnya..
Dalam kesempatan itu, atas nama Pemprov Kaltim Bere Ali mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Menpora dan jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga, panitia pelaksana di tingkat pusat dan para kontingen  JPI seluruh Indonesia, perwakilan ASEAN dan luar negeri, serta partisipasi semua pihak sehingga JPI 2013 terlaksana dengan baik.
"Jika terdapat kesalahan dan hal-hal yang tidak berkenan selama penyelenggaraannya, mohon dimaafkan," ungkapnya.
Ditempat yang sama,  Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda, Alfitra Salamm mengatakan, atas nama Menpora menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama Pemprov Kaltim  yang telah sukses menyelenggarakan Peringatan Sumpah Pemuda, Merajut Indonesia dan JPI yang menjadi bagian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda 2013.
"Ada prestasi luar biasa pada kegiatan ini, pengibaran Bendera Merah Putih terbesar di dunia dan aksi donor darah internasional. JPI yang digelar di Kaltim merupakan yang terbaik selama pelaksanaan JPI,  karena  berlangsung aman, tertib dan lancar" ujarnya.     Penutupan ditandai dengan penyerahan pataka Bendera JPI dari  perwakilan pemuda kepada  Gubernur Kaltim yang diwaliki Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat, Bere Ali untuk selanjutnya diserahkan kepada Deputi I Bidang Pemerdayaan Pemuda Kemenegpora, Alfitra Salamm.
Ribuan peserta dan masyarakat sekitar Stadion Utama Palaran menghadiri dan ikut menyaksikan kemeriahan penutupan tersebut, dengan berbagai tarian dari beberapa daerah dan beberapa pemuda dari seluruh Indonesia dan negara ASEAN.Selain itu, seluruh peserta dan masyarakat juga dihibur penampilan Group Band Zigas serta pesta kembang api.(sar/hmsprov).

///FOTO : Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat, Bere Ali menyerahkan Pataka JPI  kepada Deputi I Bidang Pemerdayaan Pemuda Kemenegpora, Alfitra Salamm.(fajar/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation