Kaltim Peringkat 4 Nasional UN SMA

SAMARINDA – Kaltim menduduki peringkat ke empat nasional perolehan nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi tahun 2016 untuk jenjang pendidikan sekolah menengah atas (SMA).

Peringkat nilai UN tertinggi untuk Kaltim itu berdasarkan rilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  tentang hasil UN 2016 jenjang SMA sederajat.

Disebutkan  Kaltim menempati peringkat empat perolehan nilai tertingi untuk program studi IPA setelah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bangka Belitung dan Banten.

“Rata-rata nilainya meningkat dari 69,44 pada 2015 menjadi 73,22 pada 2016,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim Hj Dayang Budiarti.

Selain itu,  untuk program studi IPS ternyata Kaltim menempati peringkat enam setelah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Bengkulu dan Kepulauan Riau.

Dia menjelaskan apakah peringkat keempat sudah sesuai harapan apa belum. Karenanya, Disdik terus melakukan evaluasi proses pendidikan secara berkesinambungan terhadap satuan pendidikan.

Didampingi Kabid Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi Basmen Nainggolan, dia menegaskan terus melakukan evaluasi terhadap hasil UN untuk mengukur keberhasilan proses pendidikan.

Terlebih lagi, Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan (Disdik) dipastikan akan terus mengupayakan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Kaltim.

Diakuinya, untuk pemerataan nilai UN khususnya pelajar peraih nilai 100 untuk jenjang SMK dan SMA/MA masih didominasi siswa wilayah perkotaan.

Misalnya, perolehan nilai 100 masih didapat siswa wilayah perkotaan seperti Samarinda, Balikpapan dan Bontang.

Sedangkan wilayah kabupaten hanya pelajar asal Penajam Paser Utara (PPU).

Padahal ujarnya, pada pelaksanaan UN lalu ada pelajar dari wilayah pedalaman dan kawasan perbatasan yang meraih nilai tinggi seperti siswa dari Kutai Barat.

“Ketika siswa sekolah perkotaan maupun pedalaman dan perbatasan meraih nilai tertinggi maka kondisi itu menunjukan mutu pendidikan di daerah sudah sama,” ungkap Dayang.(yans/humasprov)

Berita Terkait