Kaltim Peringkat 7 LPPD se Indonesia

Puncak Peringatan Hari Otda XVIII di Istana Negara

JAKARTA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengaku bangga atas prestasi Pemprov Kaltim dalam penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2012, yakni menempati peringkat tujuh dari 33 provinsi se Indonesia dengan status provinsi berkinerja tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Prestasi tersebut diraih sesuai kinerja pemerintahan yang dilakukan Pemprov Kaltim selama 2012. Termasuk berdasarkan kinerja yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota se Kaltim. Misalnya, untuk urusan pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup serta pekerjaan umum.

“Kami bersyukur atas prestasi ini yang lebih baik dari tahun lalu, yakni meraih peringkat sembilan. Karena itu, saya berharap  bupati dan walikota se Kaltim dapat meningkatkan poin terhadap penilaian LPPD setiap tahun,” kata Awang Faroek Ishak usai menghadiri puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) di Istana Negara Jakarta, Jumat (25/4).

Dia berharap setiap tahun bupati dan walikota dapat melengkapi data pendukung yang lebih baik. Sehingga, prestasi dan kinerja dapat meningkat. “Hal ini juga sesuai dengan komitmen Pemprov Kaltim untuk lima tahun kedepan agar meningkatkan kinerja dan prestasi yang telah dicapai,” jelasnya.

Mengenai penghargaan tersebut, selain Pemprov Kaltim, tiga kabupaten/kota di Kaltim juga meraih peringkat kinerja sangat tinggi,  yakni Kota Balikpapan, Bontang dan  Kabupaten Kutai Kartanegara dari 91 kota secara nasional.

Balikpapan dan Bontang meraih tanda kehormatan Satya Lancana Karya Bhakti Nugraha untuk kepala daerah berkinerja terbaik berdasarkan LPPD 2012. Sedangkan Kutai Kartanegara sebagai kepala daerah berkinerja sangat tinggi berdasarkan LPPD 2012. Dari prestasi itu tiga kabupaten/kota tersebut berhak menerima penghargaan dari Wapres Boediono di Jakarta, Jumat malam (25/4).

“Penetapan peringkat tersebut sesuai keputusan Mendagri nomor 120-251 tahun 2014 tentang penetapan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah secara nasional 2012,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltim Hj Ismiati.

Turut hadir pada puncak peringatan Hari Otda, yakni Pj Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.(jay/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak bersama Pj Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat menghadiri Puncak Hari Otda XVIII di Istana Negara.(norjaya/humasprov)

Berita Terkait