Kaltim Peringkat Dua Nasional Kepemilikan Akta Kelahiran

Halda Arsyad

SAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur berada di peringkat kedua nasional untuk capaian kepemilikan dokumen kependudukan atau capaian sebesar 103,69 persen. “Target kinerja capaian kepemilikan akta kelahiran anak tahun 2017 hanya 88,66 persen tetapi Kaltim melampauinya yakni 103,69 persen atau berada peringkat dua nasional,” kata Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad, Kamis (10/5).

Menurut dia, secara nasional persentase cakupan akta kelahiran anak sampai Maret 2018 telah mencapai 88,66 persen. Sedangkan target kinerja capaian kepemilikan akta kelahiran anak ditetapkan  Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (KPS) Kemendagri tahun 2018 adalah 90 persen. Artinya lanjut Halda, target RPJMN 2015-2019 sudah tercapai dimana rata-rata capaian per provinsi sudah melampaui target nasional yang hanya kisaran 85 – 90 persen.

Sementara untuk kabupaten/kota yang belum berhasil memenuhi target agar membuat program yang fokus. Yaitu, Program Semua Murid Sekolah Dapat Akta bekerjasama dengan SD, SMP, SMA/SMK, MIN, MTS dan MAN serta pelayanan pada hari Sabtu, Minggu dan libur lainnya.

Halda menambahkan jajaran Dukcapil provinsi maupun kabupaten dan kota se-Kaltim berkomitmen mewujudkan target kinerja penyelenggaraan kependudukan dan pencatatan sipil. “Kaltim siap menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk) atau GISA  di Benua Etam,” ungkapnya.

Dirinya mengapresiasi atas kontribusi nyata, kerja keras dan cerdas jajaran Disdukcapil kabupaten dan kota dalam meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan khususnya Akta Kelahiran Anak. “Prestasi ini semakin memacu kinerja serta komitmen pelayanan berkualitas penyelenggaraan kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat,” ujarnya. Untuk ranking tertinggi diraih Jambi capaian 106,79 persen dan Kaltim 103,69 persen, DKI Jakarta 101,29 persen, Lampung 97,85 persen dan Gorontalo 95,96 persen. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation