Kaltim Peringkat Lima STQ Nasional

BANGKA TENGAH - Kafilah Provinsi Kalimantan Timur berhasil menempati peringkat lima pada Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional XXII 2013 yang berlangsung di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. STQ yang berlangsung sejak 22 Agustus 2013 itu secara resmi ditutup Wakil Menteri Agama RI, H Nazaruddin Umar Kamis malam (29/8).
H Ardiansyah S Sos MSi salah seorang anggota Kalfilah STQ Kaltim Jumat (30/8) melaporkan, peringkat terbaik Kaltim itu diraih setelah berhasil menempatkan Hadi Rusadi keluar sebagai Juara I Cabang Tilawah Anak-anak, M Jarkasi Juara II Cabang Tilawah Qori Dewasa, Armita Nur Paisba Juara Harapan I Cabang Tilawah Qoriah Anak-anak, Khadijah Juara Harapan II Cabang Hafidzah 5 Juz dan Tilawah, dan M Misbah Fu’ad keluar sebagai Juara Harapan II Golongan Mufassir Cabang Bahasa Arab.
Keberhasilan Kafilah STQ Kaltim ini disambut gembira para ofisial di antaranya Dr HM Kusasi yang juga Kakanwil Kemenag Kaltim, H Sutarnyoto dari LPTQ Kaltim, Karo Sosial Pemprov Kaltim Ir H Syafrian Hasani MM, dan Kabag H Abdul Wahab.
Ardiansyah mengatakan, STQ Nasional XXII yang diikuti 33 provinsi se-Indonesia itu juga menetapkan peringkat 10 besar. Yaitu peringkat pertama DKI Jakarta, kedua Kepulauan Riau, ketiga Papua Barat, keempat Banten, Kalimantan Timur dan Jawa Tengah peringkat lima, Jawa Barat peringkat enam, Sumatera Barat peringkat ketujuh, Sumatera Utara dan Riau kedelapan, Aceh, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan peringkat sembilan, dan pada peringkat sepuluh ditempati Provinsi Maluku.
STQ Nasional diselenggarakan secara rutin setiap dua tahun sekali. STQ Nasional XXII di Babel ini diikuti 1.700 peserta dan 4.000 penggembira dengan melombakan tiga cabang, yaitu Tilawah, Hifz Al Qur'an dan Tafsir Al Qur'an. (ri/hmsprov)

//Foto: HARUMKAN KALTIM. Kafilah STQ Kaltim dalam acara pelepasan keberangkatan ke Bangka Belitung. (dok/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait