Kaltim Perketat Distribusi Pupuk Bersubsidi Agar Tepat Sasaran

Kaltim Perketat Distribusi Pupuk Bersubsidi Agar Tepat Sasaran

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim terus berupaya memberikan kemudahan kepada para petani untuk meningkatkan kualitas produksi pertanian di daerah ini. Khususnya soal penyaluran pupuk bersubsidi, dengan memperketat pengawasan terhadap distribusi di lapangan.  

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim Dwi Nugroho Hidayanto mengatakan pupuk bersubsidi untuk petani adalah program yang dijalankan Pemprov Kaltim, berdasarkan surat keputusan Menperindag Nomor 15/MDAG/PER/4/2013. Petani membeli dengan harga relatif murah.

“Pemprov Kaltim menilai distribusi atau penyaluran pupuk bersubsidi masih menemui kendala di lapangan. Sehingga perlu mengambil langkah untuk mengatasi masalah tersebut dengan perbaikan sistem distribusi. Alur distribusi saat ini dinilai terlalu rumit bahkan diduga ada sejumlah faktor yang menyebabkan pendistribusian tidak berjalan efektif dan efisien,” kata Dwi Nugroho usai membuka Seminar Kajian Efektivitas Pupuk Bersubsidi di Kaltim,  baru-baru ini di Kantor Balitbangda Kaltim.

Menurut dia, sebagian petani masih mengandalkan keseburan tanah secara alamiah daripada menggunakan pupuk. Hal itu terjadi karena kelangkaan pasokan pupuk yang berimbas tehadap mahalnya harga, bahkan melebihi harga yang ditetapkan pemerintah.

Padahal pupuk merupakan salah satu unsur penting dan strategis dalam peningkatan produksi tanaman yang pada akhirnya juga meningkatkan pendapatan petani. Karena itu, Pemprov Kaltim berupaya menggalang keterlibatan semua unsur guna tercapainya program ketahanan pangan dan pembangunan pertanian dalam arti luas. (jay/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Kaltim berupaya memperketat distribusi pupuk bersubsidi agar tepat sasran untuk kebutuhan petani.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait