Kaltim Provinsi Terbaik di Regional Kalimantan

 Tempo Media Grup Gelar Indonesia’s Atractiveness Award 2015

JAKARTA-Pemprov Kaltim kembali menerima penghargaan terkait kinerja di bidang pariwisata,  investasi, pelayanan publik dan  infrastruktur. Terbaru, penghargaan diberikan  Tempo Media Grup  yang dalam pengukuran kali ini menggandeng Frontier Consulting Group dalam tajuk Indonesia’s Atractiveness Award 2015. Kaltim berada di posisi ke-12 dari 32 provinsi yang dinilai dan menjadi provinsi terbaik di regional Kalimantan dengan skor 71,97.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, S Adiyat didampingi Kabag. Kehumasan Imanudin menjelaskan, penghargaan ini diberikan Tempo Media Grup karena Kaltim dinilai sebagai provinsi yang banyak melakukan terobosan dan inovasi dalam pembangunan kepariwisataan, memberikan berbagai kemudahan perijinan investasi melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), berbagai inovasi dalam pelayanan publik dan prioritas pembangunan infrastruktur, khususnya jalan.

“Tempo adalah grup media yang sangat besar dan ternama. Hasil pengukuran ini memberi sinyal bahwa Kaltim memiliki daya saing yang baik bahkan terbaik di regional Kalimantan. Gubernur akan terus memacu peningkatan daya saing ini,” kata Adiyat.

Meski demikian, ungkap Adiyat, Kaltim masih perlu banyak berbenah dalam bidang infrastruktur, khususnya jika membandingkan panjang jalan yang layak dengan luas wilayah Kaltim.

Untuk urusan infrastruktur jalan, Kaltim tentu saja belum mampu menandingi provinsi lain di Pulau Jawa, Sumatera, bahkan Sulawesi. Persoalan lemahnya infrastruktur ini sebenarnya sudah  tergambar dari survei National University of Singapore (NUS) -  The Lee Kwan Yew Institute dan Indobarometer, awal tahun ini. Infrastruktur Kaltim, terutama jalan dinilai masih kurang memadai.

“Hal yang perlu diketahui masyarakat, ini tidak terjadi karena kebijakan yang kurang tepat dari pemerintah daerah. Tapi lebih karena rendahnya dukungan pemerintah pusat, padahal Kaltim adalah provinsi penyumbang devisa terbesar bagi republik ini,” tegas Adiyat.

Ke depan, di era pemerintahan Jokowi-JK dan Kabinet Kerjanya diharapkan  pembangunan infrastruktur Kaltim, seperti jalan tol dan trase jalan di perbatasan dan pedalaman mendapat perhatian serius dengan alokasi anggaran yang lebih proporsional.

 Indonesia’s Atractiveness Award 2015 yang digelar di Hotel Mulia Jakarta pada Jumat  (12/6) dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sejumlah menteri hadir diantaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menpan dan RB Yudi Chrisnandi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Saat memberi sambutan, Wapres Jusuf Kalla mengingatkan, agar  mampu bersaing,  maka daerah  setidaknya harus memenuhi 3 kriteria. Yakni infrastruktur yang baik, biaya murah dan pelayanan yang cepat. “Untuk itu, kita juga perlu inovasi, pengelolaan yang baik dan promosi tentu saja,” kata Wapres.

Selain memberikan penghargaan kepada Provinsi Terbaik, Indonesia’s Atractiveness Award 2015 juga memberikan penghargaan kepada Kota dan Kabupaten Terbaik, serta Kota dan Kabupaten Potensial. Tiga kabupaten/kota di Kaltim juga menerima penghargaan tersebut, yakni Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Berau. (sul/hmsprov)

 

Foto : PEMBANGUNAN KALTIM. Kegigihan Pemprov Kaltim berjuang membangun di berbagai bidang, salah satunya bidang infrastruktur mendapat apresiasi berbagai kalangan. Tempo Media Group misalnya, memberi piagam penghargaan sebagai Provinsi Terbaik di Regional Kalimantan dengan skor 71,97. Tampak Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek beserta jajarannya ketika turun ke lapangan melihat pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Inzet penghargaan Tempo Media Group. (samsul/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation