Kaltim Provinsi Tertib Ukur 2013

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, Pemprov Kaltim serius  mendukung tugas-tugas kemetrologian di daerah dan mendorong serta mendukung sepenuhnya kabupaten maupun kota untuk saling berpacu agar daerahnya menjadi daerah tertib ukur. 

"Balikpapan sudah ditetapkannya sebagai daerah tertib ukur  pada 2011 dan 2013 ini Tarakan dan  Bontang juga dicanangkan sebagai daerah  tertib  ukur, sedangkan Kaltim sebagai Provinsi yang paling siap  calon provinsi  tertib ukur.  

"Saya mengimbau agar seluruh kabupaten dan kota yang lain di Kaltim juga dapat menjadi Kabupaten/Kota  tertib ukur, apalagi  Kaltim dengan dukungan  gedung Kantor dan Workshop UPTD Metrologi Dinas Perindagkop dan UMKM ini, maka  Kaltim siap sebagai provinsi tertib ukur 2013," jelasnya.

Disamping itu lanjut Awang, Kaltim juga akan ditetapkan sebagai percontohan atau pilot project tertib ukur di Indonesia, tentunya hal itu sangat membanggakan dan perlu segera diwujudkan.

Mengenai pembangunan parasarana dan sarana UPTD Metrologi, menurut Gubernur sangat penting agar masyarakat mendapatkan pelayanan tera atau tera ulang secara maksimal.

Semenyara itu, gedung Kantor  UPTD Metrologi Kaltim dibangun di Samarinda di atas lahan 3 hektar dan merupakan salah satu UPTD Metrologi di daerah yang terbesar di Indonesia. Pembangunannya dianggarkan lebih dari Rp.80 miliar yang dialokasikan di dalam APBD Provinsi Kaltim mulai Tahun Anggaran 2011, 2012 dan 2013 dengan target seluruh bangunan yang ada dapat diselesaikan dengan sempurna dan pada tahun 2014 seluruh aktivitas pelayanan tera dan tera ulang alat UTTP sudah dapat menempati gedung yang baru tersebut.

”Saya berharap pengelolaan kemetrologian harus lebih profesional, pelayanan harus lebih cepat dan berkualitas dan dapat mengakomodir pelayanan tera dan tera ulang seluruh alat ukur yang ada di Kaltim. Terlebih lagi dengan prasarana dan sarana yang cukup lengkap akan memberikan kemudahan kepada para investor yang akan membutuhkan pelayanan tera dan tera ulang,” ujar Gubernur.(sar/hmsprov).

Foto: PERCONTOHAN. Kepala Dispendagkop dan UMKM HM Djailani menjelaskan maket pembangunan gedung Kantor Metrologi kepada Wamen Perdagangan Bayu Krishnamurthi (kedua dari kiri) dan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak. (sarjono/humasprov kaltim).

Berita Terkait