Kaltim Raih Juara II Penas XIV Malang

SAMARINDA – Sukses Kaltim meraih juara umum di ajang Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XIII Tahun 2011 di Kabupaten Kutai Kartanegara, tidak terulang di Penas XIV Malang. Walaupun Kaltim mampu menjuarai berbagai cabang lomba atau unjuk tangkas, namun secara keseluruhan kontingen tuan rumah Jawa Timur masih lebih unggul dari Kaltim. Kaltim pun harus puas menjadi Juara II.  

“Keikutsertaan kita di ajang Pekan Nasional Petani Nelayan XIV Tahun 2014 di Malang, Jawa Timur meraih juara kedua, di bawah tuan rumah Jawa Timur yang keluar sebagai juara umum,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim H Fuad Asaddin, Sabtu (14/6).

Prestasi berbagai cabang lomba dan unjuk tangkas yang diraih Kaltim pada ajang Penas 2014 Malang diantaranya  juara pertama lomba Unjuk Tangkas Jajar Legowo dan juara pertama Perbenihan Ikan Lele.

Harapan satu unjuk tangkas Modifikasi Mesin Rumput serta juara ketiga lomba Pengemasan Ikan Lele. Juara kedua Stand Agribisnis Expo serta juara satu Olahraga Persahabatan Enggrang, juara ketiga Volley Putra dan Harapan satu Volley Putri serta juara ketiga Gasing.

Fuad mengemukakan ajang Penas Petani Nelayan yang rutin digelar setiap empat tahunan dengan tuan rumah berganti-ganti pada dasarnya momen silaturahmi pelaku usaha dan pelaku utama di sektor pertanian.

Namun untuk lebih meningkatkan silaturahim dalam pertemuan akbar tersebut maka tuan rumah maupun panitia pusat dalam hal ini KTNA Nasional bersama Kementerian Pertanian menggelar berbagai lomba dan unjuk tangkas.

Menurut Fuad, ajang Penas KTNA dalam rangka silaturahim antar petani dan nelayan se-Indonesia melalui tukar menukar informasi, meningkatkan kemampuan organisasi dan peningkatan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan melalui kegiatan permagangan.

“Karena itu, forum Penas harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang peningkatan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan bagi anggota KTNA dalam memajukan usaha pertanian dan nelayan di daerah,” ungkap Fuad Asadin.

Pada ajang Penas Petani Nelayan XIV Tahun 2014 di Desa Kedung Pedaringan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Kaltim termasuk Kaltara mengirimkan kontingen sebanyak 2.089 orang terdiri dari 1.312 peserta utama, 444 pendamping serta 333 peninjau. (yans/sul/adv)

////Foto : Fuad Asaddin

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation