Kaltim Raih Juara KB Nasional

SAMARINDA - Kalimantan Timur mampu meraih juara pada tiga kategori lomba yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 28-31 Mei lalu di Bekasi Jawa Barat.

Masing-masing juara pada Lomba Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana  (PLKB/ PKB) serta Lomba Keluarga Berencana (KB) Lestari untuk 15 tahun dan  Lomba KB Lestari untuk 20 tahun.

“Perwakilan Kaltim meraih  juara pertama ditiga kategori lomba. Lomba Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana  (PLKB/ PKB), lomba KB Lestari  15 tahun dan 20 tahun,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Jufri Yasin didampingi Kasubid  Hubungan Antar Lembaga dan Lini Lapangan Siti Mayasari Hamzah di Samarinda, Selasa (4/6).

Peraih  juara  lomba PLKB/PKB atas nama Yuyun Ratmawati asal Balikpapan, kemudian juara KB Lestari  untuk 15 tahun diraih pasangan Teguh dan Sasi asal Samarinda. Kategori KB Lestari 20 tahun di raih pasangan Soufian dan Isa  dari Balikpapan.

Dijelaskan sebelum mengikuti lomba tingkat nasional dilakukan seleksi  dimasing-masing  kabupaten /kota. Para juara  akan mengikuti lomba tingkat provinsi selanjutnya diikutkan pada lomba tingkat nasional bersaing dengan 33 provinsi di Indonesia.  

Lomba-lomba dibidang KB ini merupakan agenda rutin BKKBN setiap tahun, terutama dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas). Pada tahun  ini puncak peringatan Harganas  ke XX pada 29 Juni 2013 akan dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Kegiatan lomba-lomba itu merupakan bentuk apresiasi BKKBN terhadap masyarakat yang dinilai berjasa dalam mendukung sukses program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB),” ujarnya.

Dikemukakan, semenjak  otonomi daerah maka PLKB/PKB sebagai pegawai pemerintahan ditingkat desa atau kelurahan bertugas melaksanakan, mengelola dan menggerakkan  serta menggalang kemitraan untuk pelaksanaaan program KKB di daerahnya.

“Kaltim pada lomba kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) tidak juara. Selain itu, Mayasari sebagai pendamping pada cabang lomba yang dilombakan yang berhasil  meraih juara mendapatkan piagam dan hadiah,” ungkapnya.(yans/hmsprov)

Foto: DUKUNG KKB. Para juara lomba KB asal Kaltim saat menghadiri  penyerahan penghargaan di  Bekasi, Jawa Barat.(ist)

Berita Terkait
Government Public Relation