Kaltim Raih Penghargaan APE 2018


JAKARTA - Di penghujung tahun 2018 ini kembali Kalimantan Timur menunjukkan kualitas dan daya saing daerah. Kabar menggembirakan datang dari gelaran Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Peelindungan Anak (Kemen PPPA).

Bertempat di Istana Wakil Presiden, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menerima Penghargaan APE 2018 langsung dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rabu (19/12/2018). "Kita bersyukur tahun ini meraih APE peringkat Madya. Artinya Kaltim naik kelas atau meningkat dari peringkat Pratama pada 2016 lalu," kata Wakil Gubernur Hadi Mulyadi usai menerima penghargaan tersebut.

Menurut Hadi, prestasi yang diraih Kaltim ini menggambarkan komitmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan dengan strategi pengarusutamaan gender (PUG). Diantaranya, berupaya melakukan strategi dengan menggerakkan seluruh potensi untuk mengintegrasikan gender di berbagai program dan kegiatan terutama membangun komitmen dan menetapkan kebijakan serta kelembagaan guna peningkatan capaian kesetaraan gender di Kaltim khususnya melalui nilai Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG).

Karenanya, APE diberikan pemerintah kepada Kementerian atau Lembaga (K/L) yang memiliki komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam program dan kegiatan kementerian/lembaga. Terlebih memiliki inovasi dalam penerapan kesetaraan gender serta melakukan pembinaan Pengarusutamaan Gender (PUG) kepada K/L  dan pemerintah daerah. “Kita berharap prestasi kinerja Kaltim terus meningkat lagi. Tentunya melibatkan lintas sektor dalam menekan kekerasan terhadap perempuan dan anak di daerah,” harap Hadi.

Penghargaan APE diberikan kepada 9 Kementerian/Lembaga, 22 pemerintah provinsi dan 159 pemerintah kabupaten/kota terdiri 4 kategori yakni kategori Pratama untuk 2 provinsi dan 44 kabapaten/kota. Kategori Madya diberikan kepada 1 Kementerian, 8 pemerintah provinsi dan 75 kabupaten/kota. Kategori Utama diberikan kepada 1 Kementerian, 8 provinsi dan 36 kabupaten/kota. Sedangkan kategori tertinggi berupa peringkat Mentor diberikan kepada 6 Kementerian/Lembaga, 4 pemerintah provinsi dan 4 kabupaten/kota.

Hadir mendampingi Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad. Sementara itu penyerahan penghargaan APE 2018 dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), Yohana S Yembise serta jajaran Menteri Kabinet Kerja. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation