Kaltim Raih Penghargaan CBAN 2012

 * Gubernur: Penghargaan Ini Harus Jadi Motivasi Agar Lebih Baik

 

JAKARTA – Pemprov Kaltim kembali mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) terkait prestasi Kaltim dalam kinerja peningkatan pelayanan publik. Penghargaan diterima Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dari Menteri PAN dan RB, Azwar Abubakar di Balai Kartini, Jakarta Kamis (28/3).

Bersama tujuh provinsi lainnya, Kaltim mendapat penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) 2012 dengan nilai kriteria CC. Sebelumnya Kaltim hanya meraih penilaian C dan penghargaan ini menjadi tanda bahwa Kaltim telah mampu melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan tahapan yang cukup baik. Sedangkan dua provinsi yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah mendapat nilai kriteria  B dan sekaligus menjadi yang terbaik secara nasional.

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi agar seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim terus melakukan perbaikan dan pembenahan agar pelayanan publik bisa diberikan lebih baik lagi ke depan dan prestasi terbaik pun bisa kita raih,” kata Awang Faroek usai penyerahan penghargaan.

Gubernur berharap agar seluruh SKPD berlomba-lomba memberikan pelayanan publik terbaik  sehingga masyarakat dan dunia usaha akan terlayani dengan lebih baik. Pelayanan publik yang baik selain sangat baik untuk transparansi, juga akan membantu kelancaran proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Dia pun memuji jajaran Badan Perpustakaan Daerah Kaltim yang kali ini juga sukses meraih piala dan penghargaan Citra Pelayanan Prima (CCP) 2012 kategori UPP Pilihan dengan nilai kriteria  B. Sukses Badan Perpustakaan Daerah ini seharusnya memotivasi SKPD lain yang terutama yang bersinggungan langsung dengan pelayanan publik agar terus melakukan perubahan yang baik demi peningkatan pelayanan publik ini.

“Hasil kerja keras seluruh SKPD nampak dari penghargaan ini. Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran SKPD atas prestasi ini. Namun saya tetap berharap agar seluruh SKPD terus berlomba-lomba dan belajar kepada Badan Perpustakaan Daerah, atau Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahrani yang juga pernah menerima penghargaan ini,” sambung Awang.

Senada dengan Gubernur Awang Faroek, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim H Irianto Lambrie pun memuji semangat jajarannya dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penghargaan sukses diraih karena kerja keras dan kerja cerdas yang terus dibangun.

“Prestasi ini tentu membanggakan kita. Tetapi kita tidak boleh berpuas diri, terutama untuk unit-unit kerja yang langsung berhubungan dengan pelayanan publik indikator-indikatornya harus kita tingkatkan. Tentu ke depan kita berharap nilai kriteria  B dan A bisa raih. Saya yakin kita juga mampu lakukan itu,” yakin Irianto.

Pada saat yang sama, MenPAN Azwar Abubakar juga menyerahkan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintahan kabupaten/kota seIndonesia.  Dua kabupaten/kota berhasil   meraih nilai kriteria B, 104 kabupaten/kota dengan nilai kriteria  CC, 256 kabupaten/kota dengan nilai kriteria C, 76 kabupaten/kota dengan nilai kriteria D dan 56 kabupaten/kota tidak dapat dievaluasi karena kelengkapan data tidak tersedia.  Tiga kabupaten/kota di Kaltim sukses meraih penghargaan dengan nilai kriteria C, yakni Kabupaten Paser, Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) dan Kota Bontang.

Sedangkan penghargaan  CBAN diberikan kepada 2 provinsi dengan nilai B, 8 provinsi dengan nilai CC (termasuk Kaltim), 13 provinsi dengan nilai C dan 10 provinsi dengan nilai D. Sementara untuk Unit Pelayanan Pilihan (UPP) diberikan kepada 10 UPP dengan nilai A dan 12 unit pelayanan dengan nilai B (termasuk Badan Perpustakaan Daerah Kaltim).                        

MenPAN Azwar Abubakar saat memberi sambutan menegaskan bahwa saat ini, secara umum sudah terjadi peningkatan khususnya dalam kinerja pemerintahan daerah. Jika pada 2010 lalu akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten/kota hanya 3,31 persen, maka pada 2011 meningkat menjadi 12,22 persen. Dan tahun 2012 lalu meningkat lagi menjadi 24,37 persen.

“Bagi kabupaten/kota yang belum membuat laporan, segera laporkan akuntabilitas kinerjanya  kepada presiden melalui KemenPAN. Bagi yang sudah, maka tingkatkan terus capaian kinerjanya,” tegas Azwar.

MenPAN menargetkan, tahun ini capaian kinerja pemerintah kabupaten/kota dengan predikat baik adalah 50 persen dan tahun 2014 ditarget mencapai 60 persen. Predikat baik adalah kabupaten/kota yang mampu meraih penilaian CC, B dan A.  (sul/adv)

Foto: KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Sekprov Dr H Irianto Lambrie (keempat dan kelima dari kiri) dengan penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) 2012. (samsul/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation