Kaltim Raih Penghargaan PKPD-PU 2014

 

Kaltim Raih Penghargaan PKPD-PU 2014

 

SAMARINDA - Tahun ini Kaltim berhasil meraih penghargaan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Pekerjaan Umum (PKPD-PU) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kaltim HM Taufik Fauzi, belum lama ini.

Kepala Biro Pembangunan Daerah (Bangda) Setprov Kaltim Salman Lumoindong mengatakan PKPD-PU adalah ajang kompetisi yang digelar untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dalam hal pengembangan dan penyelenggaraan infrastruktur bidang pekerjaan umum yang terdiri dari sub bidang penataan ruang, sub bidang sumber daya air, sub bidang bina marga, sub bidang cipta karya dan sub bidang jasa konstruksi.

Pemberian penghargaan ini sesuai dengan Undang Undang Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi Bab VII tentang pembinaan  pada pasal 35 menyebutkan pemerintah melakukan pembinaan jasa konstruksi dalam bentuk pengaturan, pemberdayaan  dan pengawasan.

“Tahun ini Pemprov Kaltim melalui Tim Pembina Jasa Konstruksi (TPJK) Kaltim yang diketuai Asisten Ekonomi dan Pembangunan bersama Dinas Pekerjaan Umum Kaltim aktif melakukan kegiatan–kegiatan di bidang pengaturan, antara lain telah ditetapkan berupa penyebarluasan kebijakan pembinaan jasa konstruksi, melalui bimtek dan sosialisasi tentang peraturan jasa konstruksi dan peraturan lainnya yang terkait kepada penggunaan jasa dan penyedia jasa, sehingga penghargaan tersebut wajar diterima Kaltim,” kata Salman Lumoindong di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (10/12).

Bahkan, di bidang pemberdayaan, Pemprov Kaltim mendorong terbentuknya TPJK di kabupaten/kota, mengembangkan kerjasama dengan LPJK dan asosiasi dalam bentuk pelatihan–pelatihan peningkatan sumber daya manusia.

Di bidang bina marga, sumber daya air dan cipta karya, telah melaksanakan bimtek konstruksi kepada pengguna jasa dan penyedia jasa, sertifikasi kepada pelaksana lapangan pekerjaan jalan, sertifikasi tenaga tukang konstruksi seperti tukang batu, tukang kayu dan tukang besi yang mendapatkan Sertifikat Keterampilan Kerja (SKT), mengoptimalkan pemanfaatan sistem informasi terkait implementasi Sistem Informasi Jasa Konstruksi (SIPJAKI) dan sistem pengadaan barang/jasa secara elektronik.

Kaltim juga dinilai aktif melaksanakan beberapa kegiatan, salah satunya di bidang pengawasan berupa monitoring dan evaluasi ke kabupaten/kota terkait pelaksanaan SPM bidang jasa konstruksi, penerapan K3, dan Institusi Pembina Jasa Kontruksi.  

Perhatian dan dukungan yang besar dari Pemprov Kaltim tersebut ternyata membuahkan hasil padai ajang PKPD-PU 2014 dengan meraih Juara II PKPD PU sub bidang Jasa Konstruksi. Penghargaan diserahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr Basuki Hadimulyono. (jay/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
BERITA FOTO
BERITA FOTO

01 Oktober 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Potensi Maritim Kaltim Sangat Besar
Potensi Maritim Kaltim Sangat Besar

19 November 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Menteri Sabah Kunjungi Jalan Tol
Menteri Sabah Kunjungi Jalan Tol

01 Oktober 2019 Jam 09:13:02
Pembangunan

Kawasan Maloy Dikelola Dua Perusda
Kawasan Maloy Dikelola Dua Perusda

08 April 2013 Jam 00:00:00
Pembangunan

 PEMENANG LOMBA HUT ke-70 RI
PEMENANG LOMBA HUT ke-70 RI

07 September 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Melayani Masyarakat, APTP Naik Kelas I
Melayani Masyarakat, APTP Naik Kelas I

30 Desember 2019 Jam 12:28:53
Pembangunan