Kaltim Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2019

Kaltim Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2019

JAKARTA - Pemprov Kaltim meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2019 dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Kaltim yang diwakili Kepala Dinas Perhubungkan Kaltim Salman Lumoindong, di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (15/09/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong menjelaskan penghargaan WTN diberikan berdasarkan hasil penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dengan objek penilaian melalui lima bidang. Yakni bidang lalu lintas bobot nilai 20 persen, bidang angkutan umum 15 persn, bidang sarana transportasi darat 25 persen, bidang prasarana transportasi darat 15 pesen dan bidang umum 25 persen.

"Kaltim dinilai mampu membina penyelenggaraan sistem transportasi di kabupaten dan kota yang diajukan ke Dirjen Perhubungan Darat untuk dilakukan penilaian. Karena dari lima kabupaten dan kota yang diajukan untuk dinilai, tiga daerah yang berhasil meraih penghargaan WTN," urai Salman. 

Salman menyebutkan lima kabupaten dan kota di Kaltim yang diajukan untuk penilaian adalah Kutai Kartanegara, Berau, Samarinda, Balikpapan dan Bontang. Setelah dilakukan penilaian sejak April 2019, akhirnya tiga daerah yang berhasil meraih penghargaan WTN 2019, yakni Kutai Kartanegara, Samarinda dan Balikpapan. 

"Jadi WTN ini bukan sekedar penghargaan tetapi bagaimana kabupaten dan kota bersaing untuk menata sistem transportasinya menjadi lebih baik. Utamanya bermuara pada pelayanan transportasi yang baik kepada masyarakat," jelas Salman.

Hadir menerima penghargaan, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Walikota Samarinda M Barkati dan perwakilan Kabupaten Kutai Kartanegara. Juga hadir Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Eddy Djunaedi. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation