Kaltim Sediakan Informasi Lowongan Kerja Bagi Masyarakat


SAMARINDA - Disamping penyelenggaraan Pameran Bursa Kerja atau Job Market Fair, informasi kesempatan kerja dapat diperoleh secara langsung antara pengguna tenaga kerja dengan pencari tenaga kerja.

Informasi itu dapat diakses melalui website Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim atau Bursa Kerja On Line (BKOL), dengan alamat www.infokerja-kaltim.com.

Informasi terkait bursa kerja melalui media online tersebut disampaikan Kepala Disnakertrans Kaltim H Fathul Halim pada pembukaan Job Market Fair 2016 di GOR Stadion Madya Sempaja Samarinda, Selasa (3/8).

Dia menyebutkan setiap bulann web BKOL telah diakses para pencari kerja lebih kurang 38.450 orang.  “Fasilitas web yang kita tampilkan memberikan kemudahan bagi pencari kerja di kabupaten dan kota hanya dengan  mengakses BKOL melalui info kerja,” ujarnya.

Melalui fasilitas tersebut lanjutnya, para pencari kerja dapat mengetahui langsung perusahaan-perusahaan yang membuka serta membutuhkan tenaga kerja. Karenanya, para pencari kerja tidak perlu repot-repot datang ke Disnakertrans Kaltim maupun kabupaten dan kota yang memerlukan biaya dan waktu.

Sebab, informasi yang disampaikan sangat lengkap baik alamat perusahaan maupun jenis pekerjaan yang tersedia di perusahaan tersebut, sehingga pencari kerja dapat mempersiapkan dan melengkapi berkas administrasi terlebih dulu.

“Saya rasa ruang informasi yang kami siapkan sudah cukup memadai dan fasilitas ini dapat dimanfaatkan para pencari kerja. Karena informasi lewat online sudah bukan hal yang sulit bagi masyarakat untuk mengaksesnya,” ungkap Fathul Halim.

Berdasarkan data pada Agustus 2015 jumlah yang bekerja sebanyak 1.423.957 orang dan Februari tahun ini tercatat 1.504.133 orang atau mengalami peningkatan sebanyak 80.126 orang. (yans/sul/es/humasprov).

Berita Terkait