Kaltim Segera Launching Layanan Terpadu GISA

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kabupaten/kota akan melaunching layanan terpadu Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

Menurut Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad, layanan terpadu GISA sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

“GISA adalah sebuah langkah konkrit dan gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan,” ujarnya, Kamis (23/8).

Launching dijadwalkan berlangsung pada 29-30 Agustus 2018 dimana acara seremoni launching GISA akan dilaksanakan di Pendopo Lamin Etam dan pelayanan akan digelar pada Gedung Olah Bebaya Komplek Kantor Gubernur Kaltim.

Jenis pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat yaitu perekaman dan pencetakan KTP-el sebagai salah satu percepatan upaya menuju sukses pemilihan anggota legislatif (pileg) baik DPRD, DPD-RI dan DPR-RI maupun pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Halda mengungkapkan acara seremoni dihadiri 475 orang terdiri Forkopimda Kaltim dan kabupaten/kota, kepala daerah (bupati/walikota, staf ahli gubernur, Sekda provinsi/kabupaten/kota dan para asiaten serta pimpinan OPD, instansi vertikal, BUMN dan BUMD.

Selain itu, unsur perbankan dan Kadis Dukcapil kabupaten/kota, seluruh pimpinan OPD/camat/lurah se-Kota Samarinda dan Pemkab Kutai Kartanegara, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, perguruan tinggi serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kaltim.

“Target peserta untuk pelayanan 6.000 orang. Pada Juli lalu, kita sudah melakukan koordinasi dengan PT Telkom Samarinda dan mereka siap untuk pemasangan jaringan di tempat pelayanan dan selanjutnya berkoordinasi dengan Tim Teknis Dirjen Dukcapil. Pihak Telkom memastikan pemasangan jaringan akan selesai dua hari sebelum hari pelaksanaan,” ungkap Halda. (yans/sul/ri/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation