Kaltim Seleksi Pertukaran Pemuda ke 5 Negara

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menyeleksi pemuda yang akan mewakili Indonesia  dalam program pertukaran pemuda antara negara ke lima negara, yakni China, Malaysia, Kanada, Jepang dan Australia.
Melalui seleksi tersebut, Pemprov Kaltim berharap pemuda Kaltim yang terpilih nanti, mampu mempromosikan peluang usaha  daerah dan program pembangunan yang dilakukan pemerintah.
“Kami berharap para pemuda yang kelak lolos di tingkat nasional mampu membawa nama daerah di tingkat internasional. Peran pemuda sangat penting dalam mendukung pembangunan daerah,”  kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak diwakili Kabid Olahraga Dispora Kaltim H Ego Arifin usai membuka seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Samarinda, Selasa (16/4).
Selain itu, lanjut dia, melalui PPAN diharapkan terjalin persahabatan dan saling mengenal lebih dekat tentang kebudayaan, adat istiadat, sosial ekonomi dan kemajuan pembangunan di masing-masing negara.
Apalagi, saat ini pemuda sangat rentan dengan pengaruh negatif. Misal, pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba. “Kami berharap para pemuda dapat memanfaatkan masa muda untuk hal yang positif, sehingga mampu menjadi kader pemimpin yang bertanggungjawab terhadap kelangsungan hidup bangsa dan negara,” harapnya.
Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim H Kasim Susanto mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti seleksi di Kaltim mencapai 240 orang, terdiri dari pelajar dan mahasiswa.
“Jumlah ini lebih banyak dari seleksi pada 2012 yang tidak mencapai 200 peserta. Seleksi tersebut digelar sejak 16 hingga 18 April. Sementara, untuk kuota yang dibutuhkan dari Kaltim oleh Kemenpora sebanyak enam  orang,” jelasnya.
Tujuan dari pertukaran ini adalah mendukung daerah mempromosikan peluang bisnis dan investasi yang dimiliki. Sehingga banyak investor asing yang menanamkan modal ke daerah.
Selain itu, tujuan ini untuk menyeleksi seluruh pemuda dan pemudi di Kaltim untuk bersaing di tingkat nasional. (jay/hmsprov).

Foto: Peserta seleksi PPAN asal Kaltim (Norjaya/humasprov)
 

Berita Terkait