Kaltim Serahkan Aset PNPM-MP ke Kaltara

SAMARINDA-Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim resmi menyerahkan aset Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dari Pemprov Kaltim kepada Pemprov Kaltara.
Terhitung sejak 6 Januari 2014 Fasilitator yang ada di Kabupaten Malinau, Nunukan, Tana Tidung dan Bulungan resmi dikontrak dan dibina oleh Satuan Kerja (Satker) PNPM-MP Pemprov Kaltara melalui Bappeda Kaltara.
“Dengan penyerahan aset tersebut, maka pengurusan rekruitmen fasilitator, perpanjangan kontrak, pemutusan kontrak, penggajian fasilitator serta pengendalian fasilitator sepenuhnya dikelola oleh Satker PNPM-MP Kaltara,” kata Kepala BPM-PD Kaltim HM Jauhar Effendi di Samarinda, Sabtu (11/1).
Selain itu, sisa penanganan masalah yang ada di Kabupaten Malinau, Nunukan, Bulungan dan Tana Tidung akan ditindaklanjuti melalui Satker PNPM-MP Provinsi Kaltara. Contoh, seluruh aset dana bergulir dan hasil–hasil pembangunan sejak tahun 2003–2013 secara resmi menjadi aset Pemprov Kaltara.
Misalnya, dana bergulir Simpan Pinjam Khusus Perempuan. Sarana dan prasarana yang telah dibangun, antara lain  gedung PAUD, puskesmas, posyandu dan listrik desa, serta gedung Unit Pelaksana Kegiatan (UPK).
Penyerahan aset tersebut dilakukan Kepala BPM-PD Kaltim Jauhar Effendi kepada Penanggungjawab Operasional (PJO) PNPM-MP Kaltara yang juga perwakilan Bappeda Pemprov Kaltara Fery Rujuk Psiaan. (jay/hmsprov)
 

Berita Terkait