Kaltim Siap Bentuk Tim Anti Korupsi

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak siap membentuk Tim Anti Korupsi di daerah ini. Selanjutnya tim tersebut juga dibentuk di kabupaten dan kota se Kaltim. Melalui upaya ini diharapkan dapat menekan sekecil mungkin tindak pidana korupsi di Kaltim.  
Hal itu disampaikan Awang Faroek Ishak terkait harapan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar setiap daerah dapat membentuk tim anti korupsi baru-baru ini di Kantor Gubernur Kaltim.
“Akan kita bentuk segera. Jadi, apa yang disampaikan Pimpinan KPK baru-baru ini sangat membantu Pemerintah Provinsi dalam menjalankan kinerja yang lebih baik. Bahkan akan mendukung Kaltim mewujudkan Zona Integritas,” kata Awang Faroek Ishak di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (30/9).
Menurut dia, Pemprov sudah mencanangkan Zona Integritas yang diharapkan dapat mewujudkan Kaltim sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Terkait yang diusulkan KPK sangat tepat, seiring dengan  gerakan Pemprov Kaltim melalui Zona Integritas.
Mendukung pemberantasan korupsi di daerah tentu bukan hanya dilakukan pemerintah saja yang bergerak, tetapi juga harus didukung seluruh pihak dan masyarakat.
“Terutama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mengaku anti korupsi, diharapkan dapat mendukung pencanangan tersebut. Karena itu, saya mengimbau mari para LSM dapat duduk bersama dalam memberantas korupsi di daerah. Karena, pemerintah juga berhak melakukan pemberantasan korupsi,” jelasnya.
Usulan yang disampaikan KPK dinilai sangat bagus dan tepat. Karena akan mendukung Pemerintah Daerah untuk memberantas korupsi secara bersama-sama. Meski saat ini sudah ada lembaga hukum, tetapi tim anti korupsi dinilai akan membantu mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
Menurut dia, lebih banyak lembaga yang memiliki visi dan misi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa tentu akan sangat bagus. “Yang jelas kita akan cari orang yang betul-betul memiliki komitmen dalam memberantas korupsi. Tetapi, yang jelas orang itu harus bersih dari kasus korupsi. Saya berharap realisasi ini dapat secepatnya dilaksanakan,” jelasnya.(jay/hmsprov).
TEKS FOTO // Ketua DPRD Kaltim Non Aktif, HM Mukmin Faisyal HP menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di Jl KH Abul Hasan Samarinda yang diterima Lurah Pasar Pagi,   Idfi Septiani .
 

Berita Terkait