Kaltim Siap Berpartisipasi Pada Pekan Budaya Dayak 2013

SAMARINDA - Kaltim siap meriahkan Pekan Budaya Dayak 2013 yang akan digelar 27-30 April di Jakarta. Sebagai upaya memperkenalkan budaya dan adat dayak di Kalimantan, khususnya di Kaltim.
Melalui kegiatan ini, Wagub Kaltim H Farid Wadjdy berharap seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kaltim dapat berpartisipasi, sehingga budaya yang dimiliki masyarakat dayak di daerah ini dapat diketahui dan diminati masyarakat luas.
“Saya pikir ini merupakan event yang perlu kita dukung sepenuhnya. Karena itu, Pemprov Kaltim berharap seluruh peserta dari daerah ini dapat berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Mulai dari karnaval, pameran, seminar investasi hingga pergelaran seni dan budaya daerah,” kata Farid Wadjdy usai memimpin rapat koordinasi peserta Pekan Budaya Dayak 2013, di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim Samarinda, Kamis (11/4).
Menurut dia, selain Pemerintah Kabupaten dan Kota, diharapkan pula perusahaan yang beraktivitas di setiap daerah dapat mendukung pemerintah setempat mempromosikan budaya adat dayak di daerah masing-masing.
Bukan hanya budaya adat dayak saja yang patut ditampilkan dalam kegiatan tersebut, tetapi potensi unggulan wisata yang ada di daerah juga patut disampaikan, sehingga masyarakat di Indonesia maupun luar negeri mengetahui kondisi di daerah ini.
“Berdasarkan laporan yang disampaikan beberapa perwakilan perusahaan yang hadir, antara lain ada PT PKT dan PT Insani Bara Perkasa, saya yakin semua siap mendukung,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Pekan Budaya Dayak 2013,  Beta Dennis mengatakan, kegiatan tersebut akan diikuti peserta dengan jumlah mencapai 1.000 peserta, khususnya peserta karnaval. Sementara, untuk stand pameran yang disediakan panitia 120 unit stand.
“Kegiatan ini akan digelar di Gedung Bulutangkis Istora Glora Bung Karno Jakarta yang rencananya dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhono,” jelasnya.(jay/hmsprov)  

///Foto : Salah satu tarian dari Suku Dayak yang perlu dilestarikan.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait