Kaltim Siap Cetak e-KTP di Daerah

SAMARINDA - Pemprov Kaltim menegaskan daerah siap mencetak Kartu Tanda Pendudukan Elektronik (e-KTP) yang rencananya dimulai pada 2014. Karena itu, berbagai upaya terus dilakukan, agar bisa dikerjakan dengan baik dan benar.
Guna Menyukseskan pencetakan tersebut, Pemprov Kaltim melalui Biro Pemerintahan Setprov Kaltim menggelar bimbingan teknis kepada administrator data base kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara dengan nara sumber dari tim teknis Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, pekan lalu di Ruang Rapat Biro Pemerintahan, yang diikuti 20 peserta.   
“Tujuan bimbingan teknis ini untuk mempersiapkan operator di daerah melakukan pencetakan e-KTP sebagaimana komitmen pemerintah pusat yang akan menyerahkan ke daerah pada 2014 dalam upaya untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltim Hj Ismiati di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (18/11).
Menurut dia, dengan pelaksananaan pencetakan e-KTP di daerah, waktu penyelesaian fisik e-KTP lebih singkat. Bahkan apabila ada kesalahan data penduduk, dapat segera diperbaiki.
Kebijakan penerapan e-KTP adalah mewujudkan kepemilikan satu identitas untuk satu penduduk yang memiliki kode keamanan dan rekaman elektronik data kependudukan berbasis NIK secara nasional (biodata, foto, sidik jari, iris mata dan tanda tangan) yang tersimpan dalam fisik e-KTP.
Sedangkan manfaat e-KTP adalah untuk tertib administrasi  kependudukan, mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan KTP palsu, sehingga memberikan rasa aman dan kepastian hukum pada masyarakat.
“Selain itu, adanya e-KTP mendukung terwujudnya data base kependudukan yang akurat, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan pemerintah dan pembangunan, termasuk data pemilih dalam Pemilu legislatif dan presiden serta pemilukada yang selama ini sering bermasalah," ujarnya.(jay/hmsprov).

//FOTO : Sejumlah warga melakukan perekaman identitas untuk pembuatan e-KTP. Mulai tahun depan daerah siap membuat e-KTP sendiri.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait