Kaltim Siap Gelar 10-K International

SAMARINDA – Dalam  rangkaian peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Provinsi Kaltim ke-57 tahun 2014, Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) siap menggelar lomba lari 10 kilometer (10-K) Internasional di Samarinda.
“Tahun ini kita kembali menggelar even internasional khususnya dilomba lari 10 kilometer yang diharapkan diikuti sejumlah pelari nasional bahkan internasional,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak saat melepas kontingen Pornas Korpri Kaltim, Jumat (15/11).
Lomba bertaraf internasional ini menurut Awang Faroek sebagai upaya untuk memotivasi para atlet daerah untuk mampu meningkatkan prestasi olahraganya. Apalagi, lomba ini sampai diikuti para pelari dari mancanegara.
Panitia telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai bagi pemenang khususnya atlet/pelari yang mampu memecahkan rekor nasional maupun  internasional. Misalnya, untuk pemecahan rekor nasional Rp100 juta sedangkan internasional Rp250 juta.
Lomba lari bertaraf  internasional ini merupakan kerjasama panitia HUT Provinsi Kaltim dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kaltim khususnya Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kaltim.
Dijelaskan, perhelatan bertaraf intetnasional yang digelar pemerintah daerah rutin setiap tahun ini sebagai bentuk dan upaya Pemprov Kaltim mempromosikan berbagai potensi daerah agar Kaltim lebih dikenal hingga ke dunia internasional.
“Para atlet-atlet lari asal Afrika akan kita undang termasuk atlet dari negara-negara ASEAN ikut. Saya minta pengurus KONI segera berkoordinasi dengan panitia dan KONI pusat  terutama terkait nama-nama para atlet internasional yang akan ikut berlaga untuk segera diundang,” harap Awang Faroek.(yans/hmsprov).
 

Berita Terkait
Government Public Relation