Kaltim Siap Gelar BIMP EAGA Friendship 2016


SAMARINDA - Provinsi Kaltim ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan  9th Brunai Indonesia Malaysia Philipina-East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA) Friendship Games 2016 pada 6-12 Desember 2016. Penunjukan ini dilakukan setelah melihat sukses penyelenggaraan berbagai even nasional di Kaltim.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan Kaltim siap menyelenggarakan BIMP EAGA Friendship Games 2016, karena sebelumnya Kaltim sukses menjadi tuan rumah sejumlah even nasional. Apalagi Kaltim memiliki sarana dan prasarana olahraga bertaraf  nasional dan internasional yang tersebar bukan hanya  di Samarinda, tetapi juga  ada di beberapa kabupaten dan kota lain di Kaltim. 

"Kaltim siap  menyukseskan penyelenggarakan BIMP EAGA Friendship Games 2016, maka dari itu semua kepala SKPD yang ditunjuk sebagai panitia penyelenggara mulai sekarang harus berbenah dengan mempersiapkan segala keperluan yang akan dipergunakan dalam even mendatang," kata Awang Faroek Ishak saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan  BIMP-EAGA Friendship Games yang berlangsung di Ruang Serba Guna Kantor  Gubernur Kaltim, Senin (13/6).

Penyelenggaraan  BIMP-EAGA Friendship Games, lanjut Awang Faroek, Kaltim mengusung tri sukses yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi kerakyatan. Sukses prestasi diharapkan dari atlet-atlet Kaltim yang sudah berpengalaman. Bahkan Kaltim terbaik dalam peningkatan prestasi di luar Pulau Jawa.

Gubernur berharap even ini bisa mencapai hasil yang maksimal dalam mengharumkan nama Kaltim khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

"Saya juga berharap even ini juga bisa mengangkat sukses peningkatan ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu, mulai sekarang para pelaku UMKM mulai sekarang sudah mempersiapkan produk yang akan dijual. Siapkan kulinernya, begitu juga dengan promosi  obyek wisata Kaltim jangan sampai dilewatkan," kata Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim H Fachrudin Jafrie dalam laporannya mengatakan peserta Indonesia akan diikuti 15 provinsi yaitu Kalimantan Timur sebagai tuan rumah penyelenggara, kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulaewsi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Provinsi Papua Barat.

Kemudian negara lain yang berpartisipasi datang dari Brunai Darussalam,  Malaysia  meliputi  Serawak, Sabah dan Labuan, kemudian Philipina yang terdiri Mindanao dan Palawan serta Australia (Darwin Northern Territory).

"Adapun cabang olahraga yang akan dipertandingkan  yaitu futsal, sepak takraw, panahan, pencak silat, bulu tangkis, bola basket, atletik, bola voly pantai, tenis meja, tenis lapangan, karate dan golf sebagai cabor eksebisi," kata Fachrudin. (mar/sul/es/humasprov)   

Berita Terkait