Kaltim Siap Hadapi Pasar Bebas 2015

Kaltim Siap Hadapi Pasar Bebas 2015

BALIKPAPAN- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, Kaltim harus siap  menghadapi persaingan ekonomi Asean Free Trade Area (AFTA), Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) dan Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA)  2015.

"Indonesia pada umumnya dan Kaltim pada khususnya, tidak boleh hanya menjadi penonton pada era perdagangan bebas. Kita  harus bisa berperan aktif dalam perekonomian dunia," kata Gubernur  Awang Faroek Ishak, belum lama ini di Balikpapan.

Disebutkan, menghadapi era perdagangan bebas ASEAN maupun  pasar global, dibutuhkan kesiapan dan strategi baik di daerah maupun nasional, mencakup strategi bisnis dan perbankan maupun strategi regulasi yang menguntungkan.

"Jangan sampai pasar bebas ASEAN ini justru menjadi persaingan antara pelaku ekonomi dalam negeri sendiri yang bisa berdampak direbutnya peluang oleh pelaku usaha dari negara lain," ungkapnya.

Pelaku usaha juga harus membuat  produk-produk unggulan yang mampu bersaing di pasar bebas, karena di negeri ini banyak produk yang memiliki keunggulan komparatif.

"Jangan sampai produk-produk unggulan kita,  baik pertanian, peternakan dan perikanan kalah bersaing dengan negara lain," ungkapnya.

Menghadapi pasar bebas tentunya Kaltim juga harus memiliki daya saing yang tinggi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia  yang andal serta  mampu mengantisipasi perubahan dan kebijakan global. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan infrastruktur yang baik untuk pelayanan bagi masyarakat agar  ekonomi  mereka lebih maju dan lebih sejahtera.

"Era perdagangan bebas bukan menjadi kendala tetapi tantangan sekaligus peluang untuk kemajuan," ujarnya. (sar/sul/hmsprov).

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyampaikan sambutan pada Musrenbang Regional Kalimantan 2014. (johan/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation