Kaltim Siap Kerjasama Pendidikan dengan Kanada

Kaltim Siap Kerjasama Pendidikan dengan Kanada

SAMARINDA – Pemprov melalui Dinas Pendidikan Kaltim siap melakukan kerjasama pendidikan dengan Pemerintah Kanada. Kerjasama meliputi pertukaran pelajar dan mahasiswa hingga pengadaan alat kelengkapan pendukung pengembangan pendidikan.  

Pemprov Kaltim akan melihat lebih dulu bagaimana perkembangan pendidikan di Kanada, sehingga Kaltim bisa mengetahui hal apa saja yang bersesuaian dengan kebutuhan daerah ini.

“Peluang kerjasama akan tetap dilakukan. Asalkan, apa yang diinginkan daerah ada di Kanada.  Mungkin kita perlu peralatan laboratorium atau jika perlu mengirim sejumlah pelajar dan mahasiswa Kaltim untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke sana,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim didampingi Kepala Bidang Pendidikan SMK dan Perguruan Tinggi Basmen Nainggolan di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (3/3).

Pemprov Kaltim akan melihat dulu potensi apa saja yang dimiliki Kanada. Dengan cara melihat paparan yang akan disampaikan Pemerintah Kanada di hadapan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, dalam waktu dekat ini.

Komitmen Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan tentu tidak perlu diragukan lagi. Contoh, tahun ini Pemprov Kaltim telah memprogramkan penerimaan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa serta dosen dan guru se-Kaltim dengan jumlah sasaran mencapai 50.000 penerima. Karena itu, apabila Pemerintah Kanada memiliki keunggulan tentang pendidikan yang dibutuhkan daerah, Pemprov Kaltim siap bekerjasama.

“Yang jelas, melalui komitmen Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak tentang pengembangan pendidikan, Pemprov Kaltim siap melakukan kerjasama dengan siapa saja, termasuk dengan Kanada,” tegas Musyahrim.

Saat ini Pemprov Kaltim sudah melakukan kerjasama dengan beberapa negara untuk pengembangan kualitas mutu pendidikan, antara lain dengan Universitas Adelaide Australia dan Yayasan Pasiad Turki.  (jay/sul/es/hmsprov).

///FOTO : H Musyahrim

Berita Terkait
Government Public Relation