Kaltim Siap Laksanakan Kompetisi Barongsay Nasional

SAMARINDA - Mendukung budaya warga keturunan Tionghoa di Indonesia khususnya di Kaltim. Pemprov Kaltim siap menyelenggarakan Kompetisi Barongsay se-Indonesia. Rencananya digelar pada 2017, khususnya ketika perayaan Imlek atau Cap Go Meh.

Hal ini disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika menghadiri perayaan Cap Go Meh di Kelenteng Thien Ie Kong Samarinda. Awang mengatakan, budaya warga Tionghoa patut dikembangkan pada  setiap daerah, khususnya Barongsay.

“Untuk mengembangkan budaya dan kesenian warga Tionghoa di daerah ini maupun Negara, wajar jika Pemerintah Daerah memberikan perhatian, sehingga  bisa dinikmati dan diketahui masyarakat,” kata Awang Faroek Ishak.

Awang mengatakan, Pemprov Kaltim siap memberikan dukungan dalam kompetisi barongsay tersebut. Apalagi, Kaltim sudah membentuk Federasi Olahraga Barongsay Indonesia (FOBI) tingkat provinsi. Kegiatan tersebut akan memperebutkan Piala Gubernur Kaltim.

Kegiatan tersebut diyakini mendapat dukungan yang besar dari warga Tionghoa di daerah ini, khususnya para pengusaha maupun saudagar Tionghoa setempat. Karena itu, semangat gotong royong harus dibangun dalam penyelenggaraan ini.

“Selain untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dan menumbuhkan semangat kebersamaan antara warga Tionghoa dengan lain. Dengan semangat tersebut, berdampak terhadap semangat pemembangunan daerah,” katanya.

Ketua FOBI Kaltim Robin Jonathan menyatakan hingga saat ini atlet Barongsay Kaltim sedang dipersiapkan untuk mengikuti eksebisi di PON XIX di Jawa Barat dan diharapkan ketika PON XX di Papua Kaltim turut serta berkontribusi meraih medali emas.(jay/hmsprov).

Berita Terkait