Kaltim Siap Laksanakan Sensus Pertanian 2013

SAMARINDA – Indonesia bersiap melakukan Sensus Pertanian 2013 yang dijadwalkan Mei tahun ini. Menyambut Sensus Pertanian 2013, BPS Kaltim akan menggelar Apel Siaga pada 8 Maret, sebagai kesiapan fisik dan mental untuk pendataan di lapangan.
Demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, H. Johny Anwar, di Samarinda, Senin (4/3),  terkait Apel Siaga Petugas Sensus Pertanian di daerah ini.
Dijelaskan, dengan sensus pertanian akan diketahui  seluruh potensi pertanian dalam arti luas di Kaltim,  yaitu meliputi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kehutanan di 14 kabupaten dan kota di Kaltim.
“Diharapkan masyarakat dapat memberi data dan keterangan jujur dan obyektif tentang sektor pertanian yang digeluti. Ini akan sangat berguna pada penyusunan data oleh pemerintah dalam  menentukan arah dan langkah selanjutnya,” kata Johny.
Sensus Pertanian VI,  sejak Indonesia merdeka ini sangat berguna datanya untuk mengetahui persedian pangan, kebutuhan pangan, pencapaian swasembada pangan potensi-potensi pertanian dan lain-lain. Apalagi di Kaltim sektor pertanian sangat berkembang pesat, baik tanaman pangan dan perkebunan kelapa sawit.
Dijelaskan, jumlah petugas yang akan diturunkan ke seluruh pelosok Kaltim 3.000 orang dan akan menyebar secara serentak  pada 14 kabupaten/kota.
“Jumlah ini walau tidak sebanyak petugas di Pulau Jawa, namun Kaltim yang memiliki wilayah geografis luas dan terpisah-pisah sehingga memerlukan jumlah petugas yang juga cukup banyak,” ujarnya.
Diketahui, penyebaran penduduk Kaltim yang terpisah-pisah dan terkadang berada di daerah pedalaman dan perbatasan juga memberikan andil pada sektor pertanian dalam arti luas.
Sementara itu, Kepala Tata Usaha BPS Kaltim, Achmad Zaini menjelaskan sebelum pelaksanaan Sensus Pertanian, pihaknya akan menggelar Apel Siaga Sensus Pertanian 2013 di halaman Kantor BPS di Samarinda.
“Pada apel siaga ini kita ingin menunjukkan kesiapan petugas Sensus Pertanian menjalankan tugas. Rencananya apel ini akan dipimpin Wagub Kaltim, Farid Wadjdy,” ujarnya.(yul/hmsprov).

/// Foto : Peternakan sapi menjadi salah satu obyek yang akan didata oleh sejumlah petugas pada Sensus Pertanian 2013.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation