Kaltim Siap Laksanakan UN SMA Sederajat

Kaltim Siap Laksanakan UN SMA Sederajat

SAMARINDA - Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim menyatakan Kaltim siap melaksanakan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) jenjang SMA sederajat 2014. Berbagai persiapan, mulai dari soal ujian hingga peserta pun telah dilakukan.  Dengan persiapan yang baik itu diharapkan, penyelenggaraan UN di Kaltim berjalan lancar dan sukses. 

“Guna menyukseskan itu, Disdik Kaltim mengundang Disdik Kabupaten/Kota se Kaltim dan Kaltara untuk mengetahui kesiapan UN di daerah. Pada prinsipnya Kaltim siap melaksanakan,” kata Musyahrim usai memimpin rapat koodinasi jelang UN SMA sederajat di Kantor Disdik Kaltim, Kamis (20/3).

Soal UN diperkirakan sampai ke Samarinda sekitar 23 Maret ini. Berkas soal itu dikirim  dari Surabaya via udara bekerjasama dengan Kantor Pos dan Kementerian Pendidikan.

Soal tersebut didistribusikan untuk Kaltim dan Kaltara. Distribusi, lanjut dia, akan didahulukan dikirim untuk kabupaten yang dinilai error area, seperti perbatasan Malinau, Nunukan dan Kutai Barat.

“Tanggal 1 April nanti soal-soal itu mulai kami distribusikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Prof Edy Tri Baskoro yang datang untuk melakukan pengecekan persiapan Kaltim untuk UN,  mengatakan Kementerian Pendidikan sudah menyiapkan sedini mungkin penyelenggaraan UN. Diharapkan keterlambatan soal dan ujian ulang tidak terjadi lagi di setiap provinsi, terutama di Kaltim.

“Persiapan ini sudah kami lakukan sejak September 2013. Jadi, kami sudah lebih dini melakukan kesiapan. Mudah-mudahan pelaksanaan UN di setiap daerah berlangsung sukses,” jelasnya.

Sebagai informasi, jumlah peserta UN untuk SMP, MTs, SMP Terbuka, SMPLB, SMA/MA, SMALB dan SMK di Kaltim pada tahun ajaran 2013/2014 mencapai 88.078 yang tersebar di 1.213 sekolah di Kaltim.

Rinciannya adalah peserta UN untuk SMA/MA/SMALB sebanyak 19.389 siswa baik dari sekolah negeri maupun swasta yang tersebar di 10 kabupaten dan kota. Kemudian dari peserta SMK sebanyak 19.684 siswa dan peserta dari SMP dan yang sederajat mencapai 49.005 siswa baik negeri maupun swasta.

UN untuk SMA, SMK, dan MA baik negeri maupun swasta secara serentak akan digelar pada 14-18 April 2014, kemudian pelaksanaan UN SMP 5-8 Mei 2014 dan Ujian Sekolah (US) SD akan dilaksanakan pada 19-21 Mei 2014. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait