Kaltim Siap Laksanakan UN SMA Sederajat

Distribusi Soal Tuntas

SAMARINDA - Distribusi berkas soal Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2014/2015 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat selesai, Jumat (11/4). Distribusi terakhir dilakukan di Kota Samarinda oleh Kepala Dinas Pendidikan H Musyahrim,  diterima Kepala Disdik Samarinda Ibnu Araby. Sedangkan di Kota Balikpapan berkas soal UN diserahkan Koordinator Distribusi Soal UN Idhamsyah. 

Distribusi soal di Samarinda sebanyak 120 kantong berkas untuk 10.545 peserta dari 98 unit SMA dan SMK sederajat. “Hari ini terakhir penyerahaan soal ke kabupaten/kota di Kaltim dan Kaltara.  Pendistribusian ini sudah kami lakukan sejak 1 April. Tapi, Samarinda dan Balikpapan menjadi daerah terakhir karena merupakan daerah paling mudah dijangkau,” kata Musyahrim.

Musyahrim mengungkapkan, secara umum distribusi soal sejak 1 April lalu berlangsung lancar dan aman. Melihat kondisi tersebut, Musyahrim berharap penyelenggaraan UN tahun ini berlangsung sukses, demikian pula hasil UN pun lebih baik.

Hingga saat ini seluruh soal sudah didistribusikan hingga sub rayon wilayah sekolah masing-masing, sehingga tidak ada kekhawatiran keterlambatan penyaluran ke sekolah-sekolah.

“Saya yakin tahun ini lebih baik. Sekarang tinggal dukungan semua pihak untuk  menyukseskan penyelenggaraan UN. Kami berharap UN berjalan lancar, tertib, aman dan tingkat kelulusan siswa bisa mencapai 100 persen,” harapnya.

Musyahrim mengapresiasi kinerja semua pihak yang terlibat dalam proses pendistribusian. Terutama pihak-pihak yang mempermudah pendistribusian soal ke kabupaten/kota, hingga sub rayon setempat, yakni Kantor Pos dan Kepolisian.

Musyahrim juga memastikan para siswa sudah sangat siap mengikuti UN karena sudah mendapat bimbingan guru sejak kelas 1 hingga kelas 3.

“Saya yakin para siswa sudah siap. Apalagi kelulusan siswa tidak semata-mata ditentukan hasil UN, tetapi juga dipengaruhi nilai ujian sekolah dan rapor. Komposisinya, yakni 40 persen hasil UN dan 60 persen akumulasi hasil ujian sekolah dan nilai rapot,” jelasnya.

Sementara, jumlah peserta UN untuk SMP, MTs, SMP Terbuka, SMPLB, SMA/MA, SMALB dan SMK di Kaltim pada tahun ajaran 2013/2014 mencapai 88.078 yang tersebar di 1.213 sekolah di Kaltim.

Rinciannya, peserta UN SMA/MA di Kaltim sebanyak 19.389 siswa dan dari Kaltara sebanyak 4.539 peserta. Peserta UN SMK dari Kaltim sebanyak 19.764 siswa yang tersebar di 200 sekolah baik negeri maupun swasta, sementara peserta dari Kaltara sebanyak 2.256 siswa yang tersebar di 22 sekolah negeri dan swasta.

Ujian Negara untuk SMA, SMK, dan MA baik negeri maupun swasta secara serentak akan digelar pada 14 hingga 18 April 2014, kemudian pelaksanaan UN SMP 5-8 Mei 2014, dan Ujian Sekolah (US) SD pada 19-21 Mei 2014. (jay/sul/es/hmsprov).

//////FOTO :  H Musyahrim

Berita Terkait