Kaltim Siap Menerima Peserta BIMP-EAGA

 

SAMARINDA - Kaltim siap menerima peserta Brunei Indonesia Malaysia Philipina-East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Friendship Games IX 2016 yang dilaksanakan  6-12 Desember 2016 di Samarinda, Kaltim.

Sekitar 1.100 peserta diperkirakan hadir dalam even ini. Menjelang even tersebut, persiapan telah dilakukan Pemprov Kaltim, terutama terkait venue yang akan menjadi lokasi pertandingan.

“Dari perwakilan kontingen maupun manajer masing-masing Negara dan Provinsi di Indonesia telah berkunjung ke Kaltim dan melihat kondisi venue yang akan digunakan. Termasuk, lokasi tempat penginapan dan sarana yang akan digunakan selama kegiatan berlangsung,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fahcruddin Djaprie di Kantor Dispora Kaltim, Rabu (9/11).

Kontingen direncanakan tiba di Samarinda pada 6 Desember 2016. Peserta terdiri dari 13 kontingen, yakni Malaysia (Sabah, Serawak, Labuan), Philipina (Belawan dan Mindanao), Indonesia (Kaltim, Kalteng, Kalsel, Kalbar, Kaltara, Sulsel, Sulawesi Utara dan Maluku.

Cabor yang dipertandingkan yakni tenis meja, panahan, atletik, volley pantai, futsal, takraw, basket, badminton, pencak silat, karate, tenis lapangan dan eksebisi golf.     “Peserta maksimal berusia maksimal 21 tahun,” jelasnya.

Tujuan kegiatan ini untuk mempererat silaturrahim rumpun ASEAN. Sifatnya adalah persahabatan untuk membangun hubungan yang baik diantara negara-negara  ASEAN.

“Selain olahraga juga ada budaya yang ditampilkan dalam even tersebut yang dibawakan masing-masing peserta. Kegiatan direncanakan dibuka Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak," jelasnya.  (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait