Kaltim Siap Pilkada Serentak

Kaltim Siap Pilkada Serentak

JAKARTA - Kaltim siap melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahap pertama 9 Desember 2015. Berdasarkan peninjauan Pemprov Kaltim ke sejumlah daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota sudah menyatakan siap untuk menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat tersebut.

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menyatakan  bahwa semua daerah di Kaltim sudah menunjukkan kesiapan mereka untuk melaksanakan pilkada serentak. Berbagai upaya sosialisasi dan seminar terus dilakukan kepada masyarakat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Semua daerah di Kaltim sudah siap menyambut dan melaksanakan pesta demokrasi rakyat ini. Saya melihat langsung persiapan ini. Mulai dari Tanjung Redeb Berau hingga Mahakam Ulu semua siap. Kami yakin pilkada di Kaltim akan berjalan lancar dan sukses,” kata Mukmin Faisyal usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pilkada Serentak di Ecovation Park Ancol Jakarta, Kamis (12/11).

Mukmin mengatakan sesuai informasi KPU Kaltim, berbagai seminar dan pelatihan jelang pilkada serentak juga telah dilaksanakan. Karena itu, Pemprov Kaltim yakin pilkada serentak di Kaltim akan berlangsung sukses.

Demikian pula dengan kondusifitas keamanan daerah dipastikan berlangsung baik, mulai menjelang pilkada hingga pasca pelaksanaan pilkada. Sebab itu Wagub Mukmin minta agar semua pihak menahan diri dan bersama-sama ikut menjaga kondusifitas keamanan daerah.

"Kami meminta semua pihak, khususnya tim pemenangan masing-masing pasangan calon kepala daerah untuk menahan diri. Mari bersama-sama mewujudkan penyelenggaraan pilkada yang aman dan lancar menuju Kaltim yang lebih baik ke depan,” jelasnya.

Menyukseskan penyelenggaraan itu, diharapkan selain tim pemenangan, seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) juga turut berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi ini. Mulai pemerintah derah, TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan Tinggi hingga tokoh masyarakat dan agama termasuk tokoh pemuda dapat berperan aktif menjaga kedamaian Kaltim.

"Mari berikan dukungan untuk menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak  ini. Contohnya, mengajak masyarakat untuk tidak golput, sehingga partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin kepala daerah semakin tinggi,” jelasnya.

Setelah rapat koordinasi ini, Mukmin akan segera menyampaikan  kepada Gubernur Awang Faroek, sebelum kemudian menggelar rapat koordinasi lanjutan di daerah. Tujuannya agar seluruh pihak berperan aktif menyukseskan pesta demokrasi ini.

Sementara itu, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Teguh Arief Indratmoko mengatakan demi mendukung sukses penyelenggaran pilkada serentak di Kaltim, Korem 091/ASN telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk mendukung pemerintah daerah, KPU, Bawaslu dan Panwaslu.

"Sesuai agenda yang telah ditetapkan KPU, maka TNI siap mengawal penyelengaraan pilkada serentak ini. Untuk keamanan, kami telah berkoordinasi dengan kepolisian. Kami tegaskan kepada masyarakat, yakinlah penyelenggaraan pilkada serentak akan berlangsung aman dan sukses. Insyaallah kondusifitas daerah berjalan baik,” jelasnya.

Sebagai langkah untuk menyukseskan itu, saat ini masing-masing Polres hingga Kodim telah membentuk tim pendamai, termasuk di tingkat provinsi. Begitu juga dengan koordinasi terhadap pasangan calon, yakni melalui komitmen siap menang dan kalah.

"Titik rawan konflik atau kerusuhan pasti ada. Namun demikian, diharapkan setiap tim pasangan calon dapat menahan diri agar tidak terjadi konflik, mulai dari pencoblosan hingga pasca pemilihan. Semua itu, sudah kami antisipasi, baik bagaimana mengamankan pihak yang menang dan kalah agar tidak menganggu kondusifitas daerah. Itu sudah kami yakinkan agar bertanggungjawab. Jika ada yang melanggar, maka TNI dan Polri siap mengamankan,” tegas Teguh Arief. (jay/sul/hmsporv)

//Foto: SUKSESKAN PILKADA. Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal didampingi Kepala Kesbangpol Kaltim Yudha Pranoto (johan/humasprovkaltim).

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation