Kaltim Siap Salurkan 388 Beasiswa Non Akademik

SAMARINDA - Pemprov Kaltim siap memberikan beasiswa untuk program pelajar dan mahasiswa berprestasi luar akademik bidang olahraga, seni, dan sains untuk 388 orang. Tujuan pemberian ini tidak lain untuk meningkatkan kualitas pengetahuan sumber daya manusia (SDM) Kaltim. Penyaluran diharapkan September ini sudah direalisasikan.  
“Nilai beasiswa yang diterima pelajar dan mahasiswa dari Pemprov Kaltim itu beragam,  disesuaikan dengan tingkat dan jenis prestasi yang diraih, nilainya paling kecil Rp1.250.000 dan paling banyak Rp5.000.000 per orang,” kata Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang Bohari Yusuf di dampingi Koordinator Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang Rustandi di Samarinda, Minggu (8/9).  
Saat ini, ada beberapa pelajar dan mahasiswa yang telah ditetapkan dan telah diberikan beasiswa sesuai dengan prestasi yang dicapai, yakni untuk penghargaan berupa beasiswa Rp1.250.000 diterima Aura Diva Adila dari SDN 011 Samarinda Ulu, karena berhasil mewakili Kaltim dalam Kejuaraan Nasional Karate Usia Dini memperebutkan Piala Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Kemudian penghargaan Rp5.000.000 diberikan kepada Yumaedi Pabia dari Universitas Mulawarman Samarinda, karena berhasil lolos dalam World Chor Games Internasional.        
Bohari menambahkan, beasiswa tersebut merupakan penghargaan pemerintah daerah, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pelajar dan mahasiswa yang lain agar terpacu untuk bersaing dengan pelajar dan mahasiswa yang lebih dulu unggul di bidangnya, sehingga akan muncul persaingan sehat dan memunculkan bibit baru baik dalam bidang olahraga, kesenian, maupun bidang sains.  
Program beasiswa Kaltim Cemerlang dilakukan Pemprov Kaltim sejak 2009 dengan alokasi anggaran Rp70 miliar dengan sasaran 30.000 penerima, baik pelajar dan mahasiswa. Termasuk non akademik atau pelajar dan mahasiswa yang berprestasi di masing-masing bidang. (jay/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, saat menyerahkan kepada pelajar dan mahasiswa.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait