Kaltim Siap Sambut Kapsul Waktu

SAMARINDA - Saat mendapat kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo belum lama ini, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan bahwa Kaltim siap menyambut kedatangan Kapsul Waktu 2085 gerakan 70 tahun Kemerdekaan RI yang dimulai 26-29 Oktober 2015.

Menurut Gubernur, Kaltim telah menyiapkan sejumlah agenda untuk menyambut kedatangan tim nasional Kapsul Waktu. Awal Oktober ini Pemprov Kaltim bersama tokoh-tokoh masyarakat serta akademisi akan melaksanakan seminar sehari tentang aspirasi rakyat Kaltim.

"Kami siap menerima dan menyambut Kapsul Waktu 70 tahun Kemerdekaan RI di Kaltim yang saat ini sudah dimulai dari Provinsi Aceh. Kapsul waktu rencana akan diterima Kaltim mulai dari Kabupaten Paser, PPU, Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kutai Timur hingga perbatasan Kaltim-Kaltara di Kabupaten Berau," kata Awang Faroek Ishak ketika menghadiri Rakernas Pencatatan Sipil 2015 angkatan pertama baru-baru ini di Balikpapan.

Menurut Awang, sebelum menyambut kedatangan Kapsul Waktu tersebut Pemprov Kaltim bersama tokoh masyarakat akan memberikan pandangan tentang harapan rakyat Kaltim 70 tahun mendatang, tepatnya pada 2085.

Penerimaan tim ekspedisi kapsul direncanakan melibatkan pelajar dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat di setiap daerah yang dilintasi, mulai dari Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Balikpapan, Kutai Kartanegara, Samarinda, Bontang, Kutai Timur dan Berau.

"Puncak pelaksanaan dilaksanakan 28 Oktober 2015 dirangkai dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda  di Stadioan Madya Sempaja Samarinda. Acara juga akan dimeriahkan dengan acara kuliner dan UMKM yang merupakan kerjasama Bank Indonesia dan BPD Kaltim," jelasnya.

Menurut gubernur, dari aspirasi tersebut diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kaltim di masa akan datang. Contohnya, pembangunan infrastruktur jalan, bandara, pelabuhan internasional, rel kereta api hingga peningkatan kualitas SDM dapat semakin baik.

Melalui aspirasi tersebut, pemerintah diharapkan tidak lupa dengan impian yang dicatat masyarakat Kaltim saat ini. Sehingga kesejahteraan rakyat semakin terwujud ketika 70 tahun akan datang.

"Karena itu, kami sangat siap untuk menerima kapsul waktu ini. Apa yang menjadi impian masyarakat Kaltim diharapkan dapat dipenuhi," ujar Awang. (jay/sul//humasprov)

//Foto Gubernur Awang Faroek Ishak (kanan) bersama Mendagri Tjahjo Kumolo. (syaiful/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation