Kaltim Siap Tampil Dalam Festival Budaya Nusantara 2016

SAMARINDA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menggelar Festival Budaya Nusantara Kawasan Perbatasan 2016 pada September mendatang di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta. Dalam festival ini, Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim akan mengirimkan 30 penari untuk tampil dalam pagelaran yang diadakan bertepatan dengan Ulang Tahun BNPP ke-6 itu.

Kepala BPPD Kaltim Frederik Bid mengatakan,bahwa Festival Budaya Nusantara Kawasan yang digelar oleh BNPP ini untuk menggali, memelihara, memperkuat dan mempromosikan nilai dan produk sosial budaya perbatasan sebagai kekuatan bangsa.

"Ada 18 provinsi termasuk Kaltim yang ikut berpartisipasi dalam festival ini. Ke-18 provinsi ini merupakan kawasan perbatasan baik kabupaten perbatasan darat maupun kabupaten perbatasan laut. Kaltim turut serta dan mengirimkan 30 penari yang berasal dari Mahulu," katanya.

Ke-30 penari asal Kaltim yang akan dikirimkan tersebut merupakan penari yang berasal dari sejumlah sanggar seni yang ada di Kecamatan Long Pahangai, Mahakam ulu.

"Kami sudah koordinasikan dengan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mahulu untuk mempersiapkan para penarinya untuk tampil secara maksimal dalam event tersebut," katanya.

Frederik menambahkan, BPPD Kaltim tetap menggandeng Kabupaten Mahulu untuk turut berpatisipasi dalam festival tahunan ini. Namun, tahun depan akan bergantian dengan kabupaten Berau dengan sanggar seni yang berasal dari Kecamatan Maratua yang merupakan salah satu pulau terluar di Kaltim.

"Tahun ini Kecamatan Long Pahangai. Tahun selanjutnya akan bergantian yaitu Kecamatan Long Apari atau Kecamatan Maratua," katanya. (rus/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation