Kalimantan Timur
Kaltim Siap Tangani Korban Covid-19

Foto : Kyky Al - Hinduan

SAMARINDA - Tepat pukul 17.40 wita waktu Benua Etam, Sabtu (21/3/2020), GubernurKaltim Dr H Isran Noor menghadiri siaran live Beritasatu dan  menyatakan Provinsi Kaltim sudah menangani pasien korban Covid-19.

 

"Ada tiga Rumah Sakit Daerah Provinsi yang siap melayani penanganan tersebut. Bahkan sejak kasus ini mewabah sudah dilakukan penanganan," ucap Isran Noor.

 

Isran Noor menyabutkan, tiga rumah sakit tersebut RSUD AWS di Samarinda, RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan Rumah Sakit Parikesit Tenggarong.

 

Tiga rumah sakit ini siap melayani pasien yang ditetapkan positif Covid-19 maupun pasien dalam pengawasan.

 

Bahkan Pemprov Kaltim telah menyiapkan Asrama Haji Batakan Balikpapan untuk ruang karantina atau lokasi bagi pasien yang tidak bisa ditampung di rumah sakit daerah. Sehingga penanganan betul-betul maksimal.

 

Selain itu, mengenai semi lockdown. Itu bukan lockdown tapi istilah isolasi terbatas saja. Artinya semua harus menjaga jarak atau membatasi kegiatan yang berkumpul-kumpul sementara waktu.

 

"Anak-anak sekolah juga telah libur sejak 17 Maret 2020," jelasnya.

 

Update Covid-19 per 21 Maret 2020, jumlah ODP terdapat penambahan 44 kasus berasal dari Berau tiga kasus, Kutai Barat 31, Penajam Paser Utara tiga kasua dan Bontang perbaikan data tujuh kasus, tolal ODP yang sudah dilaporkan sampai Sabtu kemarin sebanyak 593 Kasus.

 

Sedangkan kasus konfirmasi Covid 19 per 21 Maret 2020 belum ada tambahan, sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 tetap sembilan kasus dengan sebaran Samarinda satu kasus, Balikpapan enam kasus, Kutai Kartanegara satu kasus dan Kutai Timur satu kasus. 

 

Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kutai Timur adalah pasien yang dirawat di RS Parikesit yang telah diumumkan terkonfirmasi hasil laboratorium pada 19 Maret 2020 merupakan warga Kutai Timur.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait