Kaltim Siap Tuan Rumah MTQ Nasional 2016

Kaltim Siap Tuan Rumah MTQ Nasional 2016

SAMARINDA – Menindaklanjuti Surat Gubernur Kaltim pada 2009 yang disampaikan kepada Menteri Agama, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim H Bere Ali menyatakan kesiapan Kaltim untuk menjadi tuan rumah perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional pada 2016.

Pernyataan tersebut disampaikan kembali dihadapan Wakil Menteri Agama Nasarudin Umar pada MTQ Pelajar Tingkat Kota Samarainda, pekan lalu. Menurut dia, Kaltim sudah pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ pada 1976.

“Kita pernah menjadi tuan rumah pada 1976. Karenanya, Gubernur Kaltim telah bersurat kepada Menteri Agama pada 2009 lalu dan menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah MTQ nasional 2016,” ujar Bere Ali.

Penyelenggaraan MTQ baik di tingkat kecamatan hingga kabupaten dan kota serta provinsi di Kaltim termasuk Kaltara terlaksana dengan baik. Sehingga, bermodalkan sukses pelaksanaan MTQ tingkat provinsi inilah, Kaltim siap menggelar untuk skala nasional.

Selain itu, penyelenggaraan MTQ tingkat nasional di Kaltim ini diharapkan mampu mendorong para qori-qoriah di daerah termotivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilan membaca Al Qur’an sehingga mampu meraih prestasi lebih baik.

Bere Ali mengakui komitmen dan perhatian serta dukungan pemerintah provinsi terhadap pembangunan dan pengembangan kegiatan keagamaan khususnya berkaitan kegiatan MTQ dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) di daerah sangat tinggi.

Terbukti dengan penghargaan yang diberikan Pemprov  berupa bonus bagi utusan (qori/qoriah) yang telah berprestasi menjadi juara di tingkat nasional. Sebab, Gubernur Awang Faroek Ishak telah bertekad memberikan perhatian bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Dijelaskan, tekad dan keinginan Kaltim untuk menjadi tuan rumah penyelenggeraan MTQ tingkat nasional pada 2016 akan disampaikan pada Musyawarah Nasional (Munas) LPTQ  pada Mei tahun ini di Samarinda.

“Kesiapan kami ini Pak Wamen akan disampaikan pada Munas LPTQ pada Mei tahun ini dan berharap agar peserta Munas serta dukungan Kementerian Agama maka Kaltim bisa ditunjuk menjadi tuan rumah MTQ nasional 2016,” harap Bere Ali. (yans/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Dari kanan Wakil Menteri Agama Nasarudin Umar  bersama Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim H Bere Ali dan Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail pada pembukaan MTQ Pelajar Tingkat Kota Samarainda.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation