Kaltim Siapkan Fasilitas Pendukung dan Kebutuhan Peserta

Jelang Perhelatan HSPN Ke-85 dan JPI 2013

SAMARINDA – Dipercaya sebagai tuan rumah puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional (HSPN) ke-85 dan Jambore Pemuda Indonesia 2013, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kaltim. Beberapa hari menjelang perhelatan akbar pemuda-pemudi  Indonesia tersebut, Kaltim khususnya Samarinda terus berbenah demi sukses penyelenggaraan even nasional yang melibatkan sejumlah pemuda asal negara tetangga.  
Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim H Bere Ali, selaku ketua panitia pelaksana daerah mengatakan kesuksesan penyelenggaraan bisa diwujudkan jika seluruh pihak yang tergabung dalam panitia daerah bisa saling berkoordinasi, khususnya untuk bidang-bidang yang terkait dengan rangkaian acara yang digelar selama pelaksanaan HSPN dan JPI di Kaltim.
“Mulai dari kedatangan peserta, penyambutan tamu undangan, transportasi dan akomodasi peserta, penyelenggaraan puncak acara (pembukaan dan penutupan), rangkaian acara lainnya, hingga kepulangan peserta harus dipersiapkan dengan baik. Kita sudah berpengalaman melaksanakan PON dan PENAS beberapa waktu lalu, saya yakin dengan belajar pada pengalaman terdahulu, even HSPN dan JPI 2013 akan berjalan sukses,” ujar Bere Ali saat memimpin Rapat Teknis I Panitia Pelaksana Daerah HSP-JPI 2013, di ruang Bina Bangsa Badan Kesbangpol Kaltim, Selasa (1/10).
Menurut Bere, masing-masing bidang sudah berpengalaman melaksanakan even-even besar baik level regional maupun nasional di Kaltim, sehingga dengan even seperti ini panitia daerah tinggal melakukan koordinasi dengan panitia tingkat pusat, khususnya terkait dengan penyambutan, transportasi dan akomodasi tamu undangan.
HSPN-JPI 2013 direncanakan dihadiri Presiden atau Wakil Presiden, mengingat even ini tidak hanya diikuti oleh ribuan peserta dari 34 provinsi se Indonesia, melainkan juga sekitar 100 peserta dari 10 negara ASEAN dan 20 peserta dari Timor Leste, Australia dan China.
“Kita persiapkan acara ini sebaik mungkin. Kita ingin even ini terselenggara dengan sukses, tidak hanya bagi panitia tetapi juga dapat meninggalkan kesan yang baik bagi peserta dari seluruh Indonesia, ASEAN dan negara lainnya,” harapnya.
Selain acara puncak peringatan HSPN ke-85 dan JPI 2013 di Stadion Utama Kaltim di Palaran Samarinda, juga dirangkai dengan kegiatan “Merajut Indonesia”, yaitu kegiatan bakti pemuda tingkat nasional yang telah dilaksanakan di empat daerah, yaitu Miangas (Sulut), Rote (NTT), Sabang (NAD), Merauke (Papua) dan berakhir di Samarinda.
Pada kesempatan itu, turut hadir Asisten Teritorial Kodam VI/Mulawarman Kolonel Inf Andi Suyuti dan H Sutarnyoto selaku pengarah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim H Sigit Muryono selaku Sekretaris Umum Panitia Pelaksana, serta koordinator 19 bidang panitia pelaksana daerah. (her/hmsprov).

///FOTO : H Bere Ali
 

Berita Terkait
Government Public Relation