Kalimantan Timur
Kaltim Siapkan Porang Jadi Komoditi Ekspor

Foto:Yayan/humaskaltim

SAMARINDA - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Perkumpulan Petani Penggiat Porang Nusantara (PPPN) Kaltim bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura (DPTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana di Ruang Rapat Kaltim, Senin (18/1/2021).

 

SIlaturahmi dipimpin Ketua DPW PPPN Kaltim Samsudin, didampingi Wakil Ketua Novan Rasyid, Sekretaris Yonsu, Wakil Sekretaris Syahril, Dewan Pengawas Antonius W, Divisi Hukum dan Advokasi Widi Aseno dan Dewan Pakar Dr Ibrahim.

 

Pertemuan dihadiri Sekretaris DPTPH Kaltim Martinus Pattiwael, Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Muhammad Alimuddin, Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Rini Susilawati, serta Kasubbid Pengembangan Tanaman Pangan Agus Surya.

 

Pertemuan DPTPH dengan komunitas penggiat tanaman komoditi ekspor Benua Etam ini diawali pemaparan susunan pengurus dan program kerja DPW PPPN Kaltim.

 

Pemerintah Provinsi Kaltim, ungkap Siti Farisyah Yana, telah bertekad mendukung pengembangan porang sebagai komoditi unggulan tanaman pangan.

 

"Porang ini tidak hanya untuk Kaltim atau pun komoditi pangan nasional, tapi potensial untuk ekspor," kata Yana.

 

Terlebih tanaman porang lanjutnya, cocok ditanam dan dikembangkan di lahan-lahan pertanian kabupaten dan kota se-Kaltim, termasuk kondisi iklim yang sangat mendukung.

 

Namun demikian ujar Yana, tahap awal agar pengembangan porang berhasil dan pasar menyerap komoditi ini, maka perlu dilakukan upaya dalam pembudiyaannya tidak langsung adopsi dari daerah lain.

 

"Saya bersyukur PPPN sudah bisa menggiatkan usaha ini. Petani kita sangat antusias. Kita akan dukung dan bina mereka," bebernya.

 

Ketua DPW PPPN Kaltim Samsudin menyebutkan jumlah penggiat porang di Kaltim 143 petani dengan luas lahan 92,72 hektar.

 

"Secara organisasi, kami sudah terbentuk di delapan kabupaten dan kota se-Kaltim," ujarnya.(yans/sul/sdn/humasprov kaltim)

Berita Terkait